Modul Pelatihan EKSPEDISI "Eksplorasi, Perencanaan, dan Pengambilan Keputusan Karir di Masa Transisi untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Akomodasi Perhotelan"

Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D (2019) Modul Pelatihan EKSPEDISI "Eksplorasi, Perencanaan, dan Pengambilan Keputusan Karir di Masa Transisi untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Akomodasi Perhotelan". 0001583822.

[img]
Preview
PDF
2304Kb
[img]
Preview
PDF (Kelengkapan Peer Review)
3582Kb

Abstract

Bekerja sebagai tuntutan mendapatkan kemandirian ekonomi merupakan salah satu tugas perkembangan manusia yang telah berada pada fase dewasa dan persiapan mencapai kemandirian ekonomi tersebut mulai dipersiapkan sejak berada di fase remaja (Erikson, 1959; Havighurst, dalam Hurlock, 2012). Bila dilihat dari sudut pandang organisasi, bekerja tidak hanya menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi bekerja juga sebagai sarana mengembangkan kompetensi diri. Oleh karena itu, bekerja dan pekerjaan merupakan hal yang penting bagi pengembangan diri individu. Meskipun demikian, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa mendapatkan sebuah pekerjaan adalah hal yang tidak mudah. Eksplorasi, perencanaan, dan pengambilan keputusan karir merupakan kompetensi yang penting untuk dimiliki siswa sekolah menengan tingkat atas dan sederajat (Sawitri, Creed, & Zimmer-Gembeck, 2013). Kemampuan siswa dalam membangun kongruensi karir dengan orangtuanya juga menunjang capaian kompetensi tersebut, baik dimasa kini maupun dalam waktu mendatang (Sawitri, Creed, & Zimmer-Gembeck, 2014; Sawitri, Creed, & Zimmer-Gembeck, 2015)

Item Type:Patent
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:79595
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:17 Jan 2020 14:08
Last Modified:14 May 2020 19:43

Repository Staff Only: item control page