INVESTIGASI PENGARUH KAVITASI ULTRASONIK PADA TRANSESTERIFIKASI BIODIESEL (SKALA LAB) UNTUK PENGEMBANGAN ULTRASONIK MOBILE REACTOR (paper)

Berkah , Fajar INVESTIGASI PENGARUH KAVITASI ULTRASONIK PADA TRANSESTERIFIKASI BIODIESEL (SKALA LAB) UNTUK PENGEMBANGAN ULTRASONIK MOBILE REACTOR (paper). SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 2 2011 .

[img]
Preview
PDF (INVESTIGASI PENGARUH KAVITASI ULTRASONIK PADA TRANSESTERIFIKASI BIODIESEL (SKALA LAB) UNTUK PENGEMBANGAN ULTRASONIK MOBILE REACTOR (paper))
301Kb

Abstract

Pengembangan teknologi produksi biodiesel saat ini masih terus diteliti agar biodiesel sebagai sumber energi terbarukan substitusi minyak diesel dapat dihasilkan dengan lebih efisien (energi, waktu dan biaya) dalam rangka green energy dan eco production dan sebagai hasil akhirnya harga keekonomian biodiesel dapat tercapai khususnya di Indonesia. Penggunaan ultrasonik yang dapat menimbulkan efek kavitasi sehingga diharapkan dapat diperoleh suatu teknologi yang lebih efisiesn merupakan hal yang akan diinvestigasi pada penelitian ini. Kavitasi adalah peristiwa terbentuknya gelembung - gelembung uap di dalam cairan sebagai akibat turunnya tekanan cairan di bawah tekanan uap jenuhnya. Pada penelitian ini dilakukan studi eksperimental untuk mencari frekuensi, waktu dan rasio optimum kemudian dari hasil tersebut digunakan untuk mencari intensitas output yang digunakan sebagai desain ultrasonik mobile reactor. Dari hasil penelitian diperoleh kondisi optimum frekuensi, waktu dan rasio (28 kHz, 20 menit dan 5:1), dan intensitas output/volume yang digunakan untuk desain ultrasonik mobile reactor adalah PL 0.00028 – 0.00029 dengan diameter tip surface 30mm, surface intensity 1.41528 W/mm2

Item Type:Article
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
ID Code:79413
Deposited By:Dwinita Fibriani
Deposited On:09 Jan 2020 22:00
Last Modified:10 Jan 2020 04:57

Repository Staff Only: item control page