ANALISIS SPASIAL INDEKS HABTAT LARVA DAN KONDISI LINGKUNGAN TEMPAT PERKEMBANGBIAKAN Culex spp. TERHADAP KEJADIAN FILARIASIS (Studi di Desa Ujung-ujung, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang)

PAMUNGKAS, AJI JAYENG (2019) ANALISIS SPASIAL INDEKS HABTAT LARVA DAN KONDISI LINGKUNGAN TEMPAT PERKEMBANGBIAKAN Culex spp. TERHADAP KEJADIAN FILARIASIS (Studi di Desa Ujung-ujung, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang tahun 2019, Kabupaten Semarang merupakan daerah endemis filariasis dengan 9 kasus filariasis danDesa Ujung-ujung merupakan salah satu desa yang memiliki kasus tertnggi dengan jumlah 2 kasus filariasis.Dalam upaya pengendalian terhadap vektor dan binatang pembawa penyakit Kementrian Kesehatan Republik Indonesia membuat Permenkes No. 50 Tahun 2017 yang didalamnya menyatakan bahwa standar minimal indeks habitat larva Culex spp. adalah <5%, dimana hal ini belum pernah dilaporkan ke pihak Puskesmas maupun Desa. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan indeks habitat larva dan menganalisis secara spasial persebaran tempat perindukan vektor filariasis di Desa Ujung-ujung, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif anallitik dengan desain penelitian cross sectional dengan pendegatan Sistem Informasi Geografis (SIG). Hasil observasi menunjukan bahwa indeks habitat larva Culex spp. di Desa Ujung-ujung adalah 26,15%. Larva Culex spp. ditemukan pada kolam, SPAL, dan sawah. Berdasarkan pengukuran Kondisi Lingkungantempat perindukan didapatkan suhu 19-25⁰C, kelembaban 42-75%, pH 6,7-8,9, dan ketinggian 560,83-724,66 mdpl. Analisis buffer terhadap kasus pada jarak 500 m ditemukan 20 titik tempat perindukan dengan 6 titik tempat perindukan positif larva. Indeks habitat di Desa Ujung-ujung masih belum memenuhi syarat dari Permenkes N0. 50 Tahun 2017 dan masih memungkinkan untuk terjadinya penularan penyakit filariasis dari vektor Kata Kunci: Analisis spasial, Indeks habitat larva, tempat perindukan, Culex spp

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:79392
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Jan 2020 10:41
Last Modified:09 Jan 2020 10:41

Repository Staff Only: item control page