PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA SIAGA MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (STUDI KASUS PADA DESA SIAGA AKTIF SUKODONO TAHUN 2019)

ASTUTI, BELLA DWI (2019) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA SIAGA MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (STUDI KASUS PADA DESA SIAGA AKTIF SUKODONO TAHUN 2019). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Desa Siaga merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan. Desa Siaga menjadi salah satu sarana perencanaan dan penganggaran kesehatan yang disesuaikan data dan indikator masalah kesehatan desa. Desa Siaga Sukodono merupakan salah satu desa yang telah melaksanakan pencatatan dan pelaporan Desa Siaga secara rutin. Saat ini informasi yang berkaitan dengan indikator Desa Siaga tidak didapatkan secara valid dan terdapat juga beberapa kendala lainnya. Oleh karena itu diperlukan pengembangan sistem informasi Desa Siaga yang terkomputerisasi. Hal ini didukung dengan analisis kelayakan yang menyakatakan sistem informasi mampu untuk dikembangkan baik dari segi teknis, operasional, ekonomi, dan jadwal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem informasi Desa Siaga terkomputerisasi.Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk merancang dan membuat sistem informasi berbasis komputer instrumen identifikasi PIECES, dan tahap kedua dengan deskriptif-kuantitatif yang menguji variabel penerimaan sistem dengan instrumen Technology Acceptance Model (TAM). Pengembangan sistem dilakukan dengan metode RAD.Berdasarkan hasil penelitian sistem informasi Desa Siaga yang masih manual ini banyak mengalami kendala sehingga informasi yang dibutuhkan kurang terpenuhi, sedangkan berdasarkan hasil studi kelayakan dapat dikembangkan sistem informasi terkomputerisasi. Hasil uji coba sistem menggunakan black box menunjukkan bahwa fungsi-fungsi sistem dapat berjalan dengan sukses. Hasil evaluasi sistem dengan TAM yang dilakukan menunjukkan bahwa penerimaan sistem tergolong baik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu adanya pelatihan dan pengenalan lebih lanjut pada kader dalam penggunaan sistem serta memotivasi pengelola untuk mampu memanfaatkan sistem secara optimal dengan menyediakan operator sistem khusus untuk Sistem Informasi Desa Siaga. Kata Kunci: Sistem Informasi Desa Siaga, Rapid Application Develompment, Technology Acceptance Model

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:79380
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 Jan 2020 09:55
Last Modified:09 Jan 2020 09:55

Repository Staff Only: item control page