HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK DAN KEMAMPUAN COPING WANITA PUS DENGAN KEJADIAN DROP OUT KONTRASEPSI HORMONAL TAHUN 2018 (STUDI KASUS KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG JAWA TENGAH)

KUNTALAWATI, THERESIA CHRISTIARINI (2019) HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK DAN KEMAMPUAN COPING WANITA PUS DENGAN KEJADIAN DROP OUT KONTRASEPSI HORMONAL TAHUN 2018 (STUDI KASUS KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Angka "drop out" kontrasepsi menjadi salah satu indikator keberhasilan pelayanan KB. Di Kecamatan Semarang Timur, angka "drop out" kontrasepsi mencapai 19,86%. Angka ini berada di atas target Kota Semarang yang berada pada angka 11,0%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik wanita PUS dan kemampuan "coping" dengan kejadian "drop out" kontrasepsi. Penelitian ini menggunakan metode "explanatory research" dan desain "cross sectional study" dengan populasi kasus sebesar 1065 orang wanita PUS yang berhenti menggunakan kontrasepsi tahun 2018. Sampel penelitian diambil dengan cara "simple random sampling" sebesar 63 wanita PUS. Hasil univariat pada vatiabel bebas yaitu usia reproduksi tidak sehat (50,8%), tingkat pendidikan lanjut (77,8%), tidak bekerja (81,0%), tingkat pengetahuan baik (63,0%), paritas rendah (77,8%), dan kemampuan "coping" adaptif (61,9%) sedangkan pada variabel terikat yaitu kejadian "drop out" kontrasepsi hormonal (74,6%). Hasil analisis "chi square continuity dengan sebesar 0,05 disimpulkan bahwa terdapat hubungancorrection" yang bermakna antara usia (p-value=0,011) dan tingkat pengetahuan wanita PUS (p-value=0,001) dengan kejadian "drop out" kontrasepsi hormonal, serta tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan, (p-value=1,000), pekerjaan, (p-value=0,739), paritas (p-value=0,511) dan kemampuan "coping" wanita PUS(p-value=0,122) dengan kejadian "drop out" kontrasepsi hormonal. Hasil analisis regresi logistik berganda dapat disimpulkan erdapat pengaruh secara bersama-sama usia wanita PUS, tingkat pengetahuan wanita PUS terhadap kejadia "drop out" kontrasepsi hormonal. Disarankan bagi wanita PUS untuk tetap terbuka menerima informasi, saran dan kritikan dari dokter maupun kader Kata Kunci: kejadian "drop out" kontrasepsi, kemampuan "coping", karakteristik wanita PUS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:79379
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Jan 2020 09:49
Last Modified:09 Jan 2020 09:49

Repository Staff Only: item control page