ANALISIS PELUANG SINKRONISASI PROGRAM AMBULAN HEBAT DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PUSKESMAS MAMPU PONED DI KOTA SEMARANG(STUDI KASUS DI PUSKESMAS BANGETAYU)

YULIASTUTI, IKA KURNIA (2019) ANALISIS PELUANG SINKRONISASI PROGRAM AMBULAN HEBAT DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PUSKESMAS MAMPU PONED DI KOTA SEMARANG(STUDI KASUS DI PUSKESMAS BANGETAYU). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Latar Belakang : Kota Semarang termasuk dalam 5 peringkat teratas AKI tertinggi se-Jawa Tengah. Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang berupaya menurunkan AKI melalui pembentukan Puskesmas PONED dengan didukung adanya pembentukan program Ambulan Hebat. Puskesmas Bangetayu merupakan Puskesmas PONED yang terus menyumbang AKI dalam 3 tahun terakhir dengan jumlah ibu hamil resiko tinggi terbesar dan jumlah ibu hamil komplikasi terbesar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang sinkronisasi program Ambulan Hebat dalam mendukung pelaksanaan Puskesmas mampu PONED di Puskesmas Bangetayu. Metode : Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik melalui indepth interview. Variabel yang diteliti adalah unsur kemitraan (kesamaan kepentingan, keterbukaan & kepercayaan, tujuan jelas & terukur, kesediaan berkorban, dan saling memberi manfaat) dengan menggunakan analisis faktor pendukung dan penghambat (Ford Field Analysis). Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Ambulan Hebat Si Cepat dalam mendukung pelaksanaan PONED di Puskesmas Bangetayu berdasarkan unsur kemitraan memiliki peluang besar untuk melakukan sinkronisasi. Terdapat 4 unsur kemitraan yang menjadi faktor pendukung yaitu aspek keterbukaan & kepercayaan, tujuan jelas & terukur, kesediaan berkorban, dan saling memberi manfaat. Saran : Hasil penelitian ini menyarankan untuk Dinas Kesehatan Kota Semarang membuat regulasi kebijakan untuk mengatur koordinasi program, melaksanakan koordinasi internal rutin, dan pembuatan SOP khusus koordinasi Kata Kunci: PONED, Ambulan Hebat, Puskesmas Bangetayu

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:79351
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jan 2020 13:46
Last Modified:08 Jan 2020 13:46

Repository Staff Only: item control page