FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI PADA ANAK PRA SEKOLAH DI KOTA SEMARANG (Studi di TK Labschool Unnes dan PAUD Anak Bangsa 3)

GANDESWARI, KARIN (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS USIA DINI PADA ANAK PRA SEKOLAH DI KOTA SEMARANG (Studi di TK Labschool Unnes dan PAUD Anak Bangsa 3). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Pendidikan seks merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah anak menjadi korban kekerasan seksual. Kota Semarang merupakan wilayah dengan angka kekerasan tertinggi terhadap perempuan dan anak di Jawa Tengah pada tahun 2018. Masih banyak orangtua yang tidak melakukan pencegahan dengan memberikan pendidikan seks pada anaknya sedini mungkin sehingga hal ini dapat membuat anak rentan terhadap kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku orangtua dalam memberikan pendidikan seks usia dini pada anak pra sekolah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua dari wali murid di TK Labschool Unnes dan POS PAUD Anak Bangsa 3 sebanyak 66 orang melalui total sampling. Penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 46 dari 66 orantua (69.7%) sudah memiliki perilaku yang baik dalam memberikan pendidikan seks usia dini pada anak pra sekolah. Perilaku orangtua yang sudah baik karena dipengaruhi oleh pendidikan, paparan informasi kekerasan seksual, akses informasi, pengetahuan, sikap, norma subjektif keluarga dan persepsi kontrol perilaku orangtua dalam memberikan pendidikan seks usia dini pada anak pra sekolah. Semakin tinggi penyerapan informasi serta akses pengetahuan yang baik dengan dukungan dari dalam diri dan sekitar orangtua maka akan membentuk sikap orangtua yang baik sehingga pada akhirnya akan membentuk perilaku orangtua yang baik dalam memberikan pendidikan seks usia dini. Hal ini karena pengetahuan, sikap merupakan dasar terciptanya perilaku yang didukung dengan faktor lainnya baik dari dalam maupun luar individu. Orangtua diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai batasan materi yang perlu diberikan ke anak serta keterampilannya dalam memberikan pemahaman mengenai pendidikan seks ke anak Kata Kunci: Anak usia dini, Pendidikan seks, Theory of Planned Behavior

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:79309
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:07 Jan 2020 10:45
Last Modified:07 Jan 2020 10:45

Repository Staff Only: item control page