HUBUNGAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN DENGAN TINGKAT KEPADATAN LALAT DI RUMAH MAKAN WARUNG TEGAL (STUDI DI WILAYAH KELURAHAN BULUSAN DAN KELURAHAN TEMBALANG KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG)

NURUDDIN, FARHAN (2019) HUBUNGAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN DENGAN TINGKAT KEPADATAN LALAT DI RUMAH MAKAN WARUNG TEGAL (STUDI DI WILAYAH KELURAHAN BULUSAN DAN KELURAHAN TEMBALANG KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Sanitasi dapat didefinisikan sebagai usaha mengawasi segala aspek yang berkaitan dengan adanya penyakit dancara mencegah rantai penularan penyakit tersebut.Sanitasi makanan biasanya memiliki hubungan dengan lalat, seperti lalat rumah (Musca domestica). Kehidupan lalat rumah tersebar di mana-mana. Lalat merupakan serangga diurnal (kebiasaan di siang hari). Lalat bisa hinggap dari satu makanan ke makanan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sanitasi lingkunganrumah makan dengan kepadatan lalat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel warung diambil dengan metodetotal sampling sebanyak 37 warung.Variabel yang dikaji yaitu kondisi sanitasi lingkungan dan kepadatan lalat. Pengecekan lingkungan menggunakan lembar observasi dan pengukuran kepadatan lalat menggunakanfly grilldi 3 titik dengan carafly grill. Untuk pengolahan data menggunakan uji Chi Square continuity correction tabel 2x2 .Hasil pengukuran ditemukan tidak ada hubungan antara cara penyajian makanan dengan kepadatan lalat dengan uji statistik didapatkan nilai p = 0,585 > 0,05. Hasil pengukuran ditemukan tidak ada hubungan antara Cara penyimpanan bahan makanan dengan kepadatan lalat dengan uji statistik didapatkan nilai p = 0,698 > 0,05.Hasil pengukuran ditemukan ada hubungan antara penyimpanan makanan jadi dengan kepadatan lalat dengan uji statistik didapatkan nilai p = 0,009 < 0,05. Hasil pengukuran ditemukan tidak ada hubungan antara Cara penggunaan tempat sampah dengan kepadatan lalat dengan uji statistik didapatkan nilai p = 0,695 > 0,05. Hasil pengukuran ditemukan tidak ada hubungan antaraCara Pencegahan Lalat dengan kepadatan lalat dengan uji statistik didapatkan nilai p = 0,847 > 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah semua kondisi lingkungan tidak berhubungan dengan kepadatan lalat kecuali cara penyimpanan makanan jadi pada warung makan Kata Kunci:Sanitasi, lalat, warung makan tegal, lingkungan, makanan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:79294
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Jan 2020 09:32
Last Modified:07 Jan 2020 09:32

Repository Staff Only: item control page