ANALISIS RISIKO KESEHATAN LINGKUNGAN PAPARAN KLORIN (CL) PADA BERAS DI PASAR BINTORO (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PELANGGAN DI KELURAHAN BINTORO, KECAMATAN DEMAK, KABUPATEN DEMAK)

ANGGRAENI, NINA DWI (2019) ANALISIS RISIKO KESEHATAN LINGKUNGAN PAPARAN KLORIN (CL) PADA BERAS DI PASAR BINTORO (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PELANGGAN DI KELURAHAN BINTORO, KECAMATAN DEMAK, KABUPATEN DEMAK). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL) merupakan suatu pendekatan untuk menghitung atau memperkirakan pada kesehatan manusia, termasuk identifikasi terhadap adanya faktor ketidakpastian. Jenis penelitian ini adalah penelitian observarsional deskriptif dengan pendekatan ARKL. Risk agent yang digunakan adalah klorin (Cl). Pada hasil uji labotarorium menunjukkan adanya positif kandungan klorin (Cl) pada beras. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Bintoro, dengan populasi yang digunakan adalah masyarakat pelanggan di Kelurahan Bintoro dan bertempat tinggal di Kelurahan Bintoro. Hasil penelitian didapatkan rata-rata konsentrasi klorin (Cl) dalam beras 27,026 mg/kg. Hasil penelitian menunjukkan intake rata-rata sebesar 0,14223 mg/kg/hari untuk real time, 0,12566 mg/kg/hari untuk pajanan life time 30 tahun dan 0, 20943 mg/kg/hari untuk pajanan life time 50 tahun dengan laju asupan rata-rata 433,67 gram/hari, frekuensi rata-rata 248,33 hari/tahun, dan durasi pajanan rata-ata 34,97 tahun. Kesimpulannya adalah beras yang berasal dari pasar Bintoro tidak aman dikonsumsi pada kondisi real time, life time 30 tahun, dan life time 50 tahun Kata Kunci: Klorin (Cl), beras, Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan, Pasar Bintoro, Demak

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:79292
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:07 Jan 2020 09:22
Last Modified:07 Jan 2020 09:22

Repository Staff Only: item control page