ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI CABAI MERAH KERITING (Capsicum Annum L) DI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG

Setyadi, Afif (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI CABAI MERAH KERITING (Capsicum Annum L) DI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
1077Kb
[img]
Preview
PDF
287Kb
[img]
Preview
PDF
499Kb
[img]
Preview
PDF
453Kb
[img]
Preview
PDF
601Kb
[img]
Preview
PDF
178Kb
[img]
Preview
PDF
293Kb
[img]
Preview
PDF
1629Kb
[img]
Preview
PDF
290Kb

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh faktor produksi luas lahan, tenaga kerja, jumlah bibit, pupuk kimia dan pupuk kandang terhadap produksi usaha tani cabai merah keriting di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Penelitian dilakukan di Desa Kebonagung, Candigaron, Jubelan dan Losari Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang pada bulan Juli-Desember 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah merode survei, yaitu mengambil 96 sampel dari populasi petani cabai merah keriting di Kecamatan Sumowono. Data dianalisis menggunakan uji one sample t test dan uji regresi linier berganda menggunakan software SPSS 16. Hasil produksi rata-rata cabai merah keriting di Kecamatan Sumowono adalah sebesar 1.172,094 kg per 0,26 rata-rata luas lahan dalam satu kali masa tanam. Secara serempak faktor luas lahan, tenaga kerja, jumlah bibit, pupuk kimia dan pupuk kandang berpengaruh secara nyata terhadap produksi cabai merah keriting di Kecamatan Sumowono. Secara parsial faktor jumlah bibit, pupuk kimia dan pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap produksi cabai merah keriting, sedangkan faktor luas lahan dan tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap produksi cabai merah keriting. Faktor produksi yang paling berpengaruh terhadap produksi cabai merah keriting di kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang adalah pupuk kimia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:79141
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Nov 2020 10:07
Last Modified:20 Nov 2020 10:07

Repository Staff Only: item control page