OPTIMASI TEKNIK PENGAMBILAN DAN PENYIMPANAN BAHAN AKTIF OVOTRANSFERIN DARI KULIT BAGIAN DALAM MEMBRAN TELUR DENGAN MENGGUNAKAN CATION RESIN

AL-BAARRI, Ahmad Ni’matullah and ABDUH, Setya Budi M and HINTONO, Antonius and PRAMONO, Yoyok Budi and SIREGAR, Risa Fazriyati (2016) OPTIMASI TEKNIK PENGAMBILAN DAN PENYIMPANAN BAHAN AKTIF OVOTRANSFERIN DARI KULIT BAGIAN DALAM MEMBRAN TELUR DENGAN MENGGUNAKAN CATION RESIN. In: Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Peternakan II Membangun Kewirausahaan Dalam Pengelolaan Kawasan Peternakan Berbasis Sumberdaya Lokal. (Submitted)

[img]
Preview
PDF (Artikel)
1827Kb
[img]
Preview
PDF (PeerReview_Sertifikat)
550Kb

Abstract

Bahan aktif ovotransferin banyak terdapat dalam membran kerabang telur bagian dalam namun upaya pengambilannya atau purifikasinya masih dirasa sulit dan belum ada informasi mengenai kualitas saat penyimpanannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh ovotransferrin dengan menggunakan anion resin Sepharose Fast Flow dan melakukan analisis keberadaan ovotransferrin selama masa penyimpanan 30 hari. Sebanyak 100 g kulit membran kerabang telur ayam ras bagian dalam dipisahkan dari kerabang secara manual dan dilakukan proses homogenisasi agar tercampur secara sempurna menggunakan carbonate buffer pH 9.0 dengan perbandingan 1:2. Campuran membran dalam buffer kemudian dialirkan melalui resin dan proses pengambilan ovotransferrin dilakukan dengan cara mengalirkan 0,1 mM NaCl. Larutan yang telah diperoleh kemudian disimpan selama 4 minggu untuk dicek keberadaan ovotransferin dengan menggunakan SDS PAGE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyimpanan dalam suhu 4˚C, dapat mempertahankan keberadaan ovotransferin selama 30 hari namun terdapat sedikit penurunan jumlah protein sebesar 2-4%. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan informasi bahwa ovotransferin dapat diambil dengan mudah dan dapat disimpan selama kurang lebih satu bulan sehingga dapat dimanfaatkan secara lebih luas.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Food Technology
ID Code:78677
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:09 Dec 2019 17:49
Last Modified:20 Jan 2020 14:06

Repository Staff Only: item control page