KONSERVASI EKOSISTEM HUTAN MELALUI KAJIAN KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI HUTAN WISATA NGLIMUT GONOHARJO, KENDAL JAWA TENGAH

Utami, Sri and Baskoro, Karyadi KONSERVASI EKOSISTEM HUTAN MELALUI KAJIAN KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI HUTAN WISATA NGLIMUT GONOHARJO, KENDAL JAWA TENGAH. KONSERVASI EKOSISTEM HUTAN MELALUI KAJIAN KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI HUTAN WISATA NGLIMUT GONOHARJO, KENDAL JAWA TENGAH .

[img]
Preview
PDF - Published Version
202Kb

Abstract

Hutan wisata Nglimut Gonoharjo Kendal merupakan kawasan hutan yang dijadikan tempat wisata alam. Aktifitas wisatawan dan kegiatan masyarakat sekitar hutan yang melakukan penanaman pohon kopi akan mengancam kerusakan ekosistem hutan wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan kemelimpahan serta nilai penting jenis pohon di hutan wisata Nglimut Gonoharjo Kendal. Stasiun penelitian ditentukan dengan metode sistematik. Tiga stasiun penelitian ditentukan di sepanjang garis transek, dengan jarak masing-masing 200 m. Setiap stasiun diambil 3 kali plot dengan ukuran plot adalah 10 m x 10 m. Data dianalisis dengan menghitung indeks keanekaragaman jenis, indeks kemelimpahan jenis dan indeks nilai penting jenis pohon. Hasil penelitian didapatkan 22 jenis pohon dengan jenis yang memiliki kemelimpahan tertinggi pohon kopi yaitu sebesar 62,5%. Keanekaragaman jenis pohon termasuk dalam kategori sedang (1,23-2,00). Keanekaragamn paling rendah didapatkan pada lokasi yang sudah mengalami gangguan terutama oleh penanaman pohon kopi di lokasi tersebut. Jenis pohon yang memiliki indeks nilai penting tinggi adalah pohon kopi (Coffea sp.), pohon ares (Pisonia umbellifera) dan pohon mindi (Melia azedarach). Konservasi hutan perlu dilakukan di hutan wisata Nglimut Gonoharjo dengan meningkatkan pengelolaan ekosistem hutan dan dengan melibatkan masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan tersebut. Keyword : Hutan wisata Nglimut, wisatawan, keanekaragaman jenis, kelestarian hutan.

Item Type:Article
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Biology
ID Code:78554
Deposited By:Mr Suhersi Rahmadhani
Deposited On:03 Dec 2019 08:17
Last Modified:03 Dec 2019 08:17

Repository Staff Only: item control page