Rekomendasi Stasiun Kerja Agent Contact Center 147 Telkom dengan Pendekatan Checklist Ergonomi Desain dan Peralatan Kantor NOHSC (Studi Kasus di PT. Infomedia Nusantara Semarang)

Hedi Sambodo, Satrio (2008) Rekomendasi Stasiun Kerja Agent Contact Center 147 Telkom dengan Pendekatan Checklist Ergonomi Desain dan Peralatan Kantor NOHSC (Studi Kasus di PT. Infomedia Nusantara Semarang). Diponegoro University. (Unpublished)

[img]Microsoft Word
23Kb

Abstract

Salah satu pilar PT. Infomedia Nusantara adalah Contact Center. Sebagai anak perusahaan TELKOM yang mengurusi bagian Contact Center 147, PT. Infomedia Nusantara menjadi suatu titik kritis penghubung antara perusahaan dan pelanggan. Pada Contact Center 147 terdapat agent yang berfungsi sebagai operator atau Customer Service yang langsung berhubungan dengan pelanggan melalui telepon yang dituntut untuk selalu prima dalam menjalankan tugasnya. Walaupun dalam bekerja posisi mereka selalu duduk, namun bila dilakukan dalam waktu yang lama dengan posisi yang kurang benar, lingkungan yang kurang memadai dan menggunakan furnitur dan peralatan yang tidak sesuai, maka dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan, sehingga menyebabkan gangguan WMSDs (Work-related Musculo-Skeletal Disorders) yaitu cidera lembut tetapi terjadi secara berangsur-angsur, bilamana tidak diperhatikan juga menimbulkan ketidaknyamanan. Dengan menggunakan sebuah checklist keluaran NOHSC, akan dilakukan penilaian pada stasiun kerja agent menyangkut peralatan yang digunakan. Namun sebelum dilakukan penilaian checklist, dilakukan penyesuaian checklist terhadap kondisi stasiun kerja agent. Setelah dilakukan penilaian checklist, didapatkan sub aspek yang kritis dan harus segera dilakukan perbaikan. Dari sub aspek yang kritis tersebut akan diberikan usulan perbaikan. Untuk melengkapi usulan perbaikan juga akan diberikan rekomendasi stasiun kerja baru untuk agent dengan memperhatikan keterbatasan kondisi di kantor Contact Center 147. Dari rekomendasi stasiun kerja baru untuk agent dapat dilhat bahwa perubahan signifikan terdapat pada Adjustable Chair dengan mengganti armrest menjadi removable armrest. Pada meja kerja terjadi perubahan dengan menambahkan footrest pada bagian bawah meja. One of focused business PT. Infomedia Nusantara is Contact Center. As the subsidiary company of TELKOM which manage Contact Center 147 section, PT. Infomedia become critical point to connecting the company and customers. In Contact Center 147 there are Agents were undertaking as operator or Customer Service that direct correlate to customer by phone and always claimed to be in superb condition on their job. Eventhough they always sit when they work, but if when done for long time with uncorrect posture, less adequate environment and using incompatible furniture and equipment, it can increase fatigue and complains, so it can make WMSDs (Work-related Musculo-Skeletal Disorders) that is soft tissue injuries which occur gradually, If we not pay attention will increase many complains. With using a NOHSC Checklist, will be conduct an assessment on agent work station including of the equipment that it use. But, before doing an assessment, it must adjust checklist on condition of agent work station. After doing an checklist assessment, it will get any critical sub-aspect and must to be repaired. From critical sub-aspect it will given an repair suggestion. For completeting the repair suggestion it will given an new work station recommendation for agent which paying attention on Contat Center 147 office limitation. From new work station recommendation for agent, it can be look that there is significant change on Adjustable Chair which changing armrest to be removable armrest. In the work table is adding footrest under the table.

Item Type:Other
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Checklist, Agent, Stasiun Kerja, WMSDs, Contact Center Keywords : Checklist, Agent, Work Station, WMSDs, Contact Center
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:7850
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Mar 2010 10:39
Last Modified:30 Mar 2010 10:39

Repository Staff Only: item control page