IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT, ENKRIPSI RIJNDAEL, DAN BLUM-BLUM-SHUB

Sinurat, Andreas Syahputra and Sarwoko, Eko Adi (2018) IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT, ENKRIPSI RIJNDAEL, DAN BLUM-BLUM-SHUB. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

771Kb

Abstract

Data merupakan sumber informasi yang penting bagi manusia, terutama bagi organisasi, instansi, dan negara. Data tersebut dapat berupa dokumen, pesan, dan sebagainya. Data yang penting memerlukan sistematika pengamanan agar terhindar dari segala bentuk kejahatan yang mungkin dilakukan oleh orang lain. Oleh karena itu dibutuhkan pengamanan dengan cara menerapkan mekanisme kriptografi dan steganografi. Pada penelitian tugas akhir ini membahas tentang implementasi steganografi dengan menggunakan metode Least Significant Bit (LSB), algoritma Advanced Encryption Standard (AES) Rijndael, dan pembangkit bilangan acak semu BlumBlumShub. Algoritma AES Rijndael dipilih karena algoritma ini cukup aman dan tidak mudah dipecahkan. Metode LSB dipilih karena sangat sederhana dan perbedaan citra asli dan citra hasil penyisipan hampir tidak terlihat. PRNG BlumBlumShub dipilih karena sangat efektif dan sederhana secara kompleksitas teoritis dalam menghasilkan bilangan acak untuk posisi piksel dalam penyisipan pesan. Citra hasil dari proses enkripsi dan penyisipan menunjukkan nilai Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) antara 40 dB sampai 80 dB yang berarti citra hasil penyisipan tidak jauh berbeda dengan citra sebelum disisipi. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, pesan yang disisipkan kedalam citra tidak dapat diekstraksi jika pada citra hasil penyisipan dimanipulasi, seperti grayscale, cropping¸atau kompresi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78241
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 13:14
Last Modified:19 Nov 2019 13:14

Repository Staff Only: item control page