SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) BERBASIS GOOGLE MAPS UNTUK PERSEBARAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RAYA, KABUPATEN SIMALUNGUN

Sinaga, Jefry Haryandi and Widodo, Aris Puji (2018) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) BERBASIS GOOGLE MAPS UNTUK PERSEBARAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RAYA, KABUPATEN SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
451Kb

Abstract

Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, memiliki luas 328,59 km2 dengan jumlah Sekolah Dasar Negeri yang terdata pada tahun 2017, berjumlah 52 sekolah. Dengan luas dan jumlah sekolah tersebut, terdapat ketidakmerataan jumlah siswa dan guru. Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. SIG berbasis Google Maps untuk persebaran Sekolah Dasar di Kecamatan Raya merupakan suatu sistem yang bersifat keruangan yang membantu Dinas Pendidikan dalam pengumpulan data mengenai persebaran sekolah, jumlah siswa dan tenaga pendidik. Sistem ini disajikan dalam bentuk Web. Pembangunan SIG ini menggunakan bahasa pemrogaman PHP, MySQL, dan Google Maps API. Data yang digunakan pada SIG ini adalah data Sekolah Dasar yang terletak di wilayah Kecamatan Raya tahun ajaran 2017- 2018 yang didapat dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun. Dalam proses perancangan perangkat lunak, SIG ini menggunakan metode Waterfall sedangkan pengujian perangkat lunaknya dilakukan dengan metode pengujian Blackbox. Hasil dari SIG Berbasis Google Maps adalah data posisi Sekolah Dasar yang di tampilkan dalam bentuk peta dengan menggunakan Google Maps API. SIG ini juga menampilkan data Sekolah Dasar seperti jumlah siswa, jumlah guru, dan kapasitas Sekolah Dasar dalam bentuk Dashboard.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78240
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 13:12
Last Modified:19 Nov 2019 13:12

Repository Staff Only: item control page