APLIKASI PENGUKUR EFISIENSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA CABANG KANTOR POS MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus: Kantor Pos Wilayah Semarang)

Aminulyo, Muhammad Afif and Suhartono, Suhartono (2018) APLIKASI PENGUKUR EFISIENSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA CABANG KANTOR POS MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus: Kantor Pos Wilayah Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

858Kb

Abstract

Kantor pos Semarang merupakan salah satu cabang perusahaan dari PT Pos Indonesia yang bergerak dibidang layanan jasa pos. Sebagai salah satu cabang perusahaan, peningkatan produktivitas merupakan tolok ukur keberhasilan suatu cabang kantor pos. Hal ini dikarenakan produktivitas akan mempengaruhi nilai pendapatan setiap cabang perusahaan. Kantor pos Semarang mempunyai banyak cabang kantor pos yang tersebar di wilayah Semarang, sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi dengan metode yang tepat agar mampu mengukur efisiensi setiap cabang pos yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas. Data Envelopment Analysis (DEA) merupakan metode yang tepat dalam pengukuran efisiensi dengan mengukur Decision Making Unit (DMU) yang sejenis. Metode DEA menghasilkan sebuah nilai untuk menunjukan tingkat efisiensi yang dimiliki oleh cabang kantor pos. Nilai efisiensi dapat dilihat dari angka 0 sampai 1 yang dimana semakin mendekati angka 1 maka DMU tersebut dikatakan semakin efisien. Pada penelitian ini dibangun sebuah aplikasi pengukur efisiensi menggunakan metode DEA untuk mengingkatkan produktivitas dengan mengambil 5 sampel DMU yaitu cabang kantor pos Srondol, cabang kantor pos Tembalang, cabang kantor pos Banyumanik, cabang kantor pos Gunungpati, dan cabang kantor pos Watugong. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 DMU yang memiliki nilai efisien 1 yaitu cabang kantor pos Srondol, cabang kantor pos Tembalang, cabang kantor pos Watugong. Sedangkan cabang cabang kantor pos Banyumanik memiliki nilai efisiensi 0,9532 dan cabang kantor pos Gunungpati memiliki nilai efisiensi yaitu 0,8662.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78234
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 13:01
Last Modified:19 Nov 2019 13:01

Repository Staff Only: item control page