APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA PT. TASPEN (PERSERO) MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DENGAN PEMODELAN CHARNES, COOPER, AND RHODES (CCR) (Studi Kasus: PT. Taspen (Persero) Jawa Tengah)

Majiida, Sahella and Noranita, Beta (2018) APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA PT. TASPEN (PERSERO) MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DENGAN PEMODELAN CHARNES, COOPER, AND RHODES (CCR) (Studi Kasus: PT. Taspen (Persero) Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

724Kb

Abstract

PT. Taspen (Persero) adalah suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang asuransi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mengerti akan pentingnya efisiensitas yang harus dijaga, manajemen PT. Taspen (Persero) senantiasa selalu melakukan pengawasan terhadap mutu pelayanan dan kinerja pegawai. Penulis membangun suatu aplikasi menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pemodelan CCR Input-Oriented dan pemodelan CCR Output-Oriented untuk mengukur efisiensi pada PT. Taspen (Persero). Kelebihan metode DEA yaitu dapat mengukur efisiensi antar cabang dengan jumlah variabel input dan output yang banyak serta satuan yang berbeda. Variabel input yang digunakan adalah jumlah karyawan, biaya operasional, dan jumlah klaim. Variabel output yang digunakan adalah jumlah nasabah, jumlah pendapatan premi, dan jumlah pembayaran klaim. Decision Making Unit (DMU) yang digunakan adalah lima kantor cabang PT. Taspen (Persero) yang berada di wilayah Jawa Tengah, yaitu Kantor Cabang Utama (KCU) Semarang, Kantor Cabang (KC) Purwokerto, KC. Surakarta, KC. Yogyakarta, dan KC. Pekalongan. Aplikasi ini dibangun dengan tujuan untuk mempermudah Auditor dan Kepala Cabang untuk menghitung efisiensi kinerja dan meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi bila dihitung secara manual. Sesuai dengan data laporan pada bulan Januari-Juni 2017, perhitungan DEA yang dilakukan menghasilkan nilai efisiensi 1 pada KCU. Semarang dan KC. Pekalongan, yang berarti kantor tersebut telah efisien. Kemudian pada pengujian usability menghasilkan nilai 82,08 dalam kategori acceptable sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi pengukuran ini sudah layak untuk digunakan pengguna akhir.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78231
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 12:54
Last Modified:19 Nov 2019 12:54

Repository Staff Only: item control page