APLIKASI PENDATAAN KEGIATAN TRIDHARMA DOSEN PADA DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER/INFORMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN METODE UNIFIED PROCESS

Simbolon, Y.R. Kirbi and Riyanto, Djalal Er (2018) APLIKASI PENDATAAN KEGIATAN TRIDHARMA DOSEN PADA DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER/INFORMATIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN METODE UNIFIED PROCESS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

621Kb

Abstract

Tridharma Perguruan Tinggi sebagai tugas utama dosen dilaksanakan dengan beban kerja paling sedikit 12 satuan kredit semester (sks) dan paling banyak 16 sks pada setiap semester sesuai kualifikasi akademik, dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan tersebut secara periodik. Dalam menyusun laporan, dosen Departemen Ilmu Komputer/Informatika Universitas Diponegoro menggunakan Aplikasi Beban Kinerja Dosen (BKD) Microsoft Access dan mengumpulkan berkas-berkas kegiatan Tridharma dosen. Dalam mengumpulkan berkas-berkas tersebut yang tersimpan di beberapa tempat dan tidak dapat diakses secara online, menyita banyak waktu dan tenaga para dosen untuk mengumpulkannya untuk digunakan sebagai lampiran laporan kinerja dosen. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis web yaitu Aplikasi Pendataan Kegiatan Tridharma Dosen untuk mengarsipkan serta mengelola data kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan melihat informasi kegiatan dosen serta melihat rekapitulasi laporan kegiatan dosen sehingga aplikasi ini dapat mendukung saat penyusunan laporan kinerja dosen dengan Aplikasi BKD Microsoft Access. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak Unified Process yang berorientasi object-oriented analysis and design yang iterative dan increment. Hasil pengujian usability yang meliputi aspek kemudahan, efisiensi, mudah diingat, kesalahan dan kepuasan pada aplikasi ini memperoleh nilai persentase keseluruhan 85,50% dengan hasil kualifikasi sangat baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78229
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 12:50
Last Modified:19 Nov 2019 12:50

Repository Staff Only: item control page