APLIKASI PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA VISUALISASI PEMETAAN TINGKAT KERAWANAN KRIMINALITAS DI KABUPATEN JEPARA

Renita, Renita and Waspada, Indra (2018) APLIKASI PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA VISUALISASI PEMETAAN TINGKAT KERAWANAN KRIMINALITAS DI KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

656Kb

Abstract

Kriminalitas merupakan segala macam bentuk tindakan dan perbuatan yang merugikan baik secara ekonomis maupun psikologis yang melanggar hukum yang berlaku di negara Indonesia. Untuk mengetahui tingkat rawan kriminal, aparatur kepolisian memiliki tiga tingkatan yaitu rawan, sedang, dan aman. Namun, dalam pelaksanaannya belum cukup akurat. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem untuk perangkingan di lokasi rawan terjadinya tindak kriminal. Data yang dibutuhkan adalah jumlah tindak pidana, kepadatan penduduk, dan kawasan budi daya yang dianalisis dengan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menghasilkan tingkat rawan kriminal. Sistem ini menghasilkan perangkingan terhadap tingkat rawan kriminal dalam bentuk peta yang dapat menampilkan warna merah untuk rawan, warna kuning untuk sedang, dan warna hijau untuk aman sehingga membantu pengambilan keputusan. Proses pengujian black box menunjukkan sistem telah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan fungsional sistem. Pengujian usability yang meliputi aspek learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction memperoleh nilai persentase keseluruhan 91,42% dengan hasil kualifikasi sangat baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78228
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 12:47
Last Modified:19 Nov 2019 12:47

Repository Staff Only: item control page