APLIKASI DATA MINING DENGAN ANALISIS TRANSAKSI E-TOLL UNTUK REKOMENDASI GARDU PENGISIAN SALDO (STUDI KASUS : PT. JASA MARGA (PERSERO))

Wulandari, Amanda Kristiya and Bahtiar, Nurdin (2018) APLIKASI DATA MINING DENGAN ANALISIS TRANSAKSI E-TOLL UNTUK REKOMENDASI GARDU PENGISIAN SALDO (STUDI KASUS : PT. JASA MARGA (PERSERO)). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

930Kb

Abstract

Pada perusahaan layanan jalan tol di Indonesia, banyak pengguna jalan tol ingin adanya tempat pengisian saldo E-Toll di gardu agar pengguna jalan tol dapat mengisi saldo saat membayar biaya tol dan untuk menghindari terjadinya masalah pengguna jalan tol saat membayar. Sehingga diperlukan tempat pengisian saldo E-Toll di gardu tol. Aplikasi ini menggunakan Algoritma Apriori untuk mengolah data dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan DBMS MySQL. Atribut yang digunakan untuk menghasilkan rekomendasi gardu pengisian saldo adalah id gerbang asal, golongan dan gardu. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi data mining dengan analisis transaksi E-Toll untuk gardu pengisian saldo menggunakan model proses waterfall, Bahasa pemograman PHP, dan DBMS MySQL. Dari penelitian ini juga menampilkan nilai support, confidence dan rekomendasi gardu yang cocok untuk pengisian saldo E-Toll. Dari 811 data yang digunakan pada aplikasi ini dengan pilihan filter tarif >= rata rata tarif dan filter sisa saldo <= rata-rata sisa saldo, minimum support 2%, minimum confidence 25% , didapatkan rekomendasi gardu yang cocok sebagai tempat pengisian saldo adalah gardu 10 dan 36

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78226
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 12:44
Last Modified:19 Nov 2019 12:44

Repository Staff Only: item control page