APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI PADA MASKAPAI PENERBANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DENGAN PEMODELAN BCC OUTPUT-ORIENTED

Putra, Amriza Wibowo and Noranita, Beta (2018) APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI PADA MASKAPAI PENERBANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DENGAN PEMODELAN BCC OUTPUT-ORIENTED. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

710Kb

Abstract

Maskapai penerbangan sebagai salah satu moda transportasi udara yang memiliki tingkat penumpang cukup banyak, perlu mengevaluasi secara berkala nilai efisiensi dari masing-masing maskapai. Sehingga setiap maskapai dapat memberikan pelayanan kepada penumpang dengan kualitas yang baik. Dengan dilakukanya penelitian dan pengembangan aplikasi pengukuran efisiensi pada maskapai penerbangan diharapkan maskapai penerbangan dapat melakukan evaluasi secara berkala. Pada penelitian ini digunakan 3 Decision Making Unit (DMU), yaitu Maskapai Garuda Indonesia, Citilink, dan Air Asia. Terdapat 5 variabel yang digunakan pada penelitian kali ini, yaitu 3 variabel input, dan 2 variabel output. Untuk variabel input terdapat jumlah pilot, jumlah pesawat, dan on time perfomance. Sedangkan variabel output terdapat embarkatoin passanger, dan revenue passanger kilometers. Aplikasi pengukuran efisiensi ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pemodelan BCC (Banker Charnes Cooper) Output-Oriented. Penelitian ini dilakukan dengan membandingan nilai efisiensi antar DMU sejenis. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat 1 DMU yang tidak efisien dan 2 DMU lainya efisien. DMU yang tidak efisien adalah DMU 1 yaitu Garuda Indonesia dengan nilai efisiensi < 1. Aplikasi ini memiliki fitur untuk memberikan rekomendasi pada DMU yang dinilai belum efisien, sehingga DMU 1 yang tidak efisien dilakukan perhitungan rekomendasi dengan menjadikan DMU 2 dan DMU 3 sebagai benchmark.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78225
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 12:41
Last Modified:19 Nov 2019 12:41

Repository Staff Only: item control page