APLIKASI ADOPSI KUCING (SIKUCING) MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN OBJECT-ORIENTED SOFTWARE ENGINEERING

Putra, Muhammad Fakhrian and Adhy, Satriyo (2018) APLIKASI ADOPSI KUCING (SIKUCING) MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN OBJECT-ORIENTED SOFTWARE ENGINEERING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

638Kb

Abstract

Kucing terlantar merupakan salah satu jenis kucing domestik yang paling sering ditemukan di sekitar manusia. Kucing terlantar merupakan masalah yang sering diabaikan oleh lingkungan, dengan tidak adanya kontrol populasi di Indonesia, jumlah kucing terlantar yang semakin bertambah dan tidak terkontrol menyebabkan kucing terlantar dianggap sebagai hama. Beberapa komunitas dan individu pencinta kucing membantu mengatasi keadaan dengan melakukan adopsi sementara, dikarenakan keterbatasan biaya dan tempat. Pencarian calon pengadopsi yang dilakukan oleh individu atau komunitas pencinta kucing dirasa sulit, dikarenakan kebanyakan dari kucing yang dirawat merupakan kucing domestik yang dipandang kurang menarik. Berdasarkan permasalahan komunitas atau individu yang mencari calon pengadopsi kucing, penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi Adopsi Kucing untuk membantu melepas adopsikan kucing yang dirawat sementara oleh komunitas atau individu tersebut. Untuk memudahkan melepas adopsi kucing terlantar yang dirawat sementara oleh komunitas atau individu pencinta kucing digunakan sebuah aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Android. Pemilihan pembangunan aplikasi pada platform Android dikarenakan, Android merupakan sistem operasi yang paling populer digunakan pada smartphone saat ini, sehingga diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memanfaatkan Aplikasi Adopsi Kucing. Aplikasi Adopsi Kucing dibangun dengan menggunakan metode Object-Oriented Software Engineering, yang merupakan metode pengembangan untuk membangun dan memvalidasi model domain aplikasi atau sistem berorientasi objek. Metode Object-Oriented Software Engineering dirasa tepat untuk pembangunan Aplikasi Adopsi Kucing dikarenakan pembangunan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java dan sifat modular pada pemrograman berorientasi objek yang memudahkan perawatan dan adaptasi pada perubahan di masa yang akan datang. Proses bisnis yang diimplementasikan pada Aplikasi Adopsi Kucing merupakan adaptasi dari proses bisnis adopsi kucing yang didapatkan dari hasil wawancara terhadap perwakilan komunitas dari Indonesia Peduli Kucing Terlantar dan UNDIP Cat Lovers. Pada Aplikasi Adopsi Kucing tersedia fitur surat perjanjian yang dapat diunduh melalui Aplikasi Adopsi Kucing. Hasil implementasi dari penelitian ini adalah terbentuknya Aplikasi Adopsi Kucing yang dapat mengunggah data kucing, menampilkan data kucing, memperbarui data kucing, menghapus data kucing dan mengunduh surat perjanjian adopsi kucing. Aplikasi Adopsi Kucing memanfaatkan Firebase Realtime Database sebagai media penyimpanan data. Pemilihan Firebase Realtime Database untuk memudahkan proses pertukaran data secara online dan kemudahan untuk beradaptasi terhadap kebutuhan di masa yang akan datang. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini merupakan pengujian fungsional menggunakan metode black-box yang menguji setiap use case pada perangkat yang telah terpasang Aplikasi Adopsi Kucing, hasil pengujian terhadap use case pada Aplikasi Adopsi Kucing dinyatakan diterima.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78219
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 11:43
Last Modified:19 Nov 2019 11:43

Repository Staff Only: item control page