APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA PT. TASPEN (PERSERO) MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS PEMODELAN CHARNES, COOPER, AND RHODES INPUTORIENTED DAN TECHNIQUE FOR ORDER OF PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION

Windiatmaja, Jauzak Hussaini and Noranita, Beta (2018) APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA PT. TASPEN (PERSERO) MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS PEMODELAN CHARNES, COOPER, AND RHODES INPUTORIENTED DAN TECHNIQUE FOR ORDER OF PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

1224Kb

Abstract

PT. Taspen (Persero) adalah suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang asuransi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Demi menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik, PT. Taspen (Persero) harus memikirkan strategi yang baik untuk menjaga keseimbangan sumber daya yang digunakan dengan tetap mempertahankan kecepatan, kepercayaan dan kepuasan layanan kepada para nasabah dan stakeholder. Mengerti akan pentingnya efisiensi yang harus dijaga, PT. Taspen (Persero) selalu melakukan evaluasi terhadap efisiensi kinerjanya. Namun, PT. Taspen (Persero) belum memiliki suatu cara atau metode yang baik dalam melakukan evaluasi. Maka dari itu, dibangun Aplikasi Pengukuran Efisiensi Kinerja PT. Taspen (Persero) Menggunakan Data Envelopment Analysis Pemodelan Charnes, Cooper, and Rhodes Input-Oriented dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution untuk mengukur efisiensi kinerja pada PT. Taspen (Persero). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Efisiensi Kinerja PT. Taspen (Persero) menggunakan model proses pengembangan perangkat lunak Waterfall. Metode DEA digunakan karena dapat menghitung data numerik yang ada pada PT. Taspen (Persero) untuk mengukur efisiensi dan peringkat dengan jumlah variabel yang banyak dan beragam satuannya. Metode TOPSIS digunakan karena dapat membantu metode DEA meranking kantor cabang yang ada, dimana metode TOPSIS hanya akan digunakan ketika terdapat lebih dari satu kantor cabang yang efisien. Variabel input yang digunakan adalah jumlah karyawan, biaya operasional, dan jumlah klaim. Variabel output yang digunakan adalah jumlah nasabah, jumlah pendapatan premi, dan jumlah pembayaran klaim. Decision Making Unit (DMU) yang digunakan adalah Kantor Cabang Utama Semarang, Kantor Cabang Purwokerto, Kantor Cabang Surakarta, Kantor Cabang Yogyakarta, dan Kantor Cabang Pekalongan. Perhitungan dilakukan menggunakan data audit PT. Taspen (Persero) semester 1 tahun 2017. Perhitungan menghasilkan dua Kantor Cabang efisien yaitu Kantor Cabang Utama Semarang dan Kantor Cabang Pekalongan, dengan Kantor Cabang Utama Semarang menjadi Kantor Cabang terbaiknya. Dalam fase pengujian black-box, didapatkan hasil bahwa semua kebutuhan aplikasi sudah terpenuhi. Pengujian black-box dilakukan agar mengetahui apakah seluruh kebutuhan aplikasi sudah diterima. Dalam fase pengujian usability aplikasi yang dibangun menghasilkan skor SUS 81.25, yang berarti bahwa aplikasi sudah layak untuk digunakan oleh pengguna akhir. Pengujian usability dilakukan agar mengetahui seberapa baik pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78216
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 11:35
Last Modified:19 Nov 2019 11:35

Repository Staff Only: item control page