APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA PT. TASPEN (PERSERO) MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS PEMODELAN BCC OUTPUT ORIENTED DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILIARITY TO IDEAL SOLUTION

Atmoko, Fransiscus Assisi Dimas Windy and Noranita, Beta (2018) APLIKASI PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA PT. TASPEN (PERSERO) MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS PEMODELAN BCC OUTPUT ORIENTED DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILIARITY TO IDEAL SOLUTION. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

975Kb

Abstract

PT. Taspen (Persero) merupakan suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertugas untuk mengelola dan menyelenggarakan program asuransi sosial pegawai negeri sipil dan pensiun, dalam rangka menjamin serta meningkatan kesejahteraan pegawai negeri sipil di hari tuanya. PT. Taspen (Persero) senantiasa melakukan evaluasi terhadap mutu pelayanan, sehingga untuk mengukur mutu pelayanan tersebut diperlukan suatu metode. Metode Data Envelopment Analysis (DEA) digunakan untuk mengukur efisiensi antar kantor cabang dengan jumlah variabel input dan output yang banyak serta satuan yang berbeda. Kemudian menggunakan model BCC karena peningkatan mutu pelayanan tidak hanya didasarkan pada penambahan input maka output juga bertambah. Sedangkan metode TOPSIS dapat menentukan kantor cabang terbaik ketika pada perhitungan DEA terdapat kantor cabang yang telah efisien lebih dari 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efisiensi dan rekomendasi 5 kantor cabang menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pemodelan Banker, Charnes, Cooper (BCC) output-oriented dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Perhitungan DEA menghasilkan nilai efisiensi 1 pada DMU 1 dan DMU 5, sedangkan pada perhitungan TOPSIS, DMU 1 merupakan DMU yang paling efisien dengan nilai preferensi 0,64. Pengembangan Aplikasi Pengukuran Efisiensi Kinerja PT. Taspen (Persero) menggunakan model proses pengembangan Waterfall. Usability testing dilakukan untuk mengetahui seberapa paham pengguna dalam menggunakan aplikasi pengukuran efisiensi kinerja PT. Taspen (Persero). Hasil usability testing menghasilkan nilai 82,083 dan masuk ke dalam kategori acceptable sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi pengukuran ini sudah layak untuk digunakan pengguna akhir.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78215
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Nov 2019 11:33
Last Modified:19 Nov 2019 11:33

Repository Staff Only: item control page