ANALISIS PENGARUH PARAMETER RANGE MEMBERSHIP FUNCTION PADA METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW) UNTUK PERANKINGAN PENERIMAAN BEASISWA UNTUK SISWA KURANG MAMPU

Handayani, Alfania Sarah and Wibowo, Adi (2018) ANALISIS PENGARUH PARAMETER RANGE MEMBERSHIP FUNCTION PADA METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW) UNTUK PERANKINGAN PENERIMAAN BEASISWA UNTUK SISWA KURANG MAMPU. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

750Kb

Abstract

SDN Petompon 02 Semarang merupakan salah satu Sekolah Dasar Negeri yang memiliki program beasiswa bumbung kemanusiaan yang ditujukan bagi siswa yang kurang mampu. Oleh karena itu, diperlukannya penyeleksian untuk pemilihan calon penerima beasiswa. Karena sifat masalah dunia nyata, data yang dikumpulkan biasanya melibatkan beberapa jenis ketidakpastian. memodelkan dengan pengambilan keputusan dengan fuzzy dimungkinkan menjadi solusi. Didalam Metode Fuzzy Simple Additive Weighting terdapat pemilihan skala dari fungsi keanggotaan, dimana skala tersebut sangat berpengaruh bagi perhitungan pada metode. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis range membership function untuk mendapatkan nilai preferensi yang sesuai dan nilai akurasi. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan wawancara dengan Kepala Sekolah serta Pegawai Tata Usaha SDN Petompon 02 Semarang untuk mendapatkan kriteria penerimaan beasiswa. Terdapat 5 kriteria untuk penerimaan beasiswa yaitu kepemilikan kartu miskin, rata-rata raport semester terakhir, kepemilikan piagam, penghasilan orang tua, dan tanggungan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan nilai akurasi yang cukup tinggi pada pemilihan range 7 menggunakan metode Fuzzy Simple Additive Weighting mencapai 97%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:78187
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Nov 2019 14:54
Last Modified:18 Nov 2019 15:00

Repository Staff Only: item control page