Analisa Pengukuran Kinerja SDM PT. Pos Indonesia (Persero)dengan Pendekatan Human Resource Scorecard (Studi Kasus di Mail Processing Center Semarang)

Purwanggono, Bambang and Handayani, Naniek Utami and Ananda, Rendra (2008) Analisa Pengukuran Kinerja SDM PT. Pos Indonesia (Persero)dengan Pendekatan Human Resource Scorecard (Studi Kasus di Mail Processing Center Semarang). Diponegoro University. (Unpublished)

[img]Microsoft Word
23Kb

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang. PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu perusahaan milik negara yang memiliki tugas untuk melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah dalam bidang ekonomi dan pembangunan pada umumnya serta memberikan pelayanan jasa perposan bagi masyarakat di Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia pada khususnya. PT. Pos Indonesia (Jawa Tengah) memiliki tiga kantor utama yang memiliki fungsi berlainan. Pertama, Kantor Pos Besar Semarang terletak di jalan Pemuda, merupakan kantor yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Kedua, Kantor Wilayah Pos yang terletak di jalan Sisingamangaraja, berfungsi sebagai pusat kegiatan manajerial untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY. Ketiga, Mail Processing Centre atau Sentral Pengolahan Pos merupakan kantor yang berfungsi sebagai tempat pengolahan semua kegiatan transaksi pengiriman yang dilakukan PT. Pos Indonesia. Kegiatan pengiriman jasa perposan untuk kota semarang maupun pengiriman dan penerimaan dari luar kota dilakukan di MPC. Pengukuran kinerja sumber daya manusia dapat digunakan sebagai tolak ukur kontribusi pencapaian kinerja sistem sumber daya manusia pada strategi perusahaan dan hasil pengukuran yang sudah terkuantifikasi memudahkan pihak manajemen melakukan perencanaan dan pengendalian. Untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia PT. Pos Indonesia, dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Human Resource Scorecard (HR Scorecard) dan metode Analityc Hierarchy Process (AHP). Selain itu, pengukuran kinerja dilakukan dengan Objective Matrix (OMAX) untuk mengetahui nilai pencapaian terhadap target yang telah ditetapkan untuk setiap indikator kinerja. Perancangan pengukuran kinerja karyawan dengan kerangka Human Resource Scorecard menghasilkan 18 Key Performance Indicators (KPI) yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja karyawan Mail Processing Center Semarang, dengan rincian 9 KPI untuk High Performance Work System, 4 KPI untuk HR System Alignment, dan 5 KPI untuk HR Eficiency. Dari hasil pengolahan data dan pengukuran kinerja diketahui bahwa indeks kinerja karyawan Mail Processing Center Semarang berwarna kuning (kategori “sedang”) dengan nilai 6.392 (skala 10). Perusahaan harus dapat mempertahankan dan meningkatkan performansi karyawannya, sehingga dalam beberapa kurun waktu ke depan kinerja karyawan dapat masuk ke dalam kategori “baik” dan target yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat tercapai.

Item Type:Other
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Human Resource Scorecard, Pengukuran Kinerja Karyawan, Analytic Hierarchy Process, Objective Matrix
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:7798
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Mar 2010 14:53
Last Modified:29 Mar 2010 14:53

Repository Staff Only: item control page