LAJU SEDIMENTASI PERAIRAN SUNGAI YANG BERMUARA DI TELUK SEMARANG (Studi Kasus: Sungai Banjir Kanal Barat dan Sungai Silandak)

AMRYTA , DOMINIG (2019) LAJU SEDIMENTASI PERAIRAN SUNGAI YANG BERMUARA DI TELUK SEMARANG (Studi Kasus: Sungai Banjir Kanal Barat dan Sungai Silandak). Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
477Kb

Abstract

Sungai Banjir Kanal Barat dan Sungai Silandak merupakan salah satu sungai yang bermuara di Perairan Teluk Semarang bagian tengah. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sistem drainase di Kota Semarang dan telah mengalami normalisasi serta pendangkalan pada bagian hulu sungai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui laju sedimentasi, hubungan laju sedimentasi dengan kecepatan arus dan mengetahui komposisi sedimentasi melalui hasil analisis fraksi sedimen di perairan Sungai Banjir Kanal Barat dan Silandak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober – 1 November 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penentuan titik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dilakukan 2 (dua) kali pengambilan sampel dengan selang waktu 14 hari. Data yang dianalisis adalah debit sungai, Total Suspended Solid (TSS), laju sedimentasi, dan fraksi sedimen. Nilai laju sedimentasi Sungai Banjir Kanal Barat 0,04-35,46 ton/hari, sedangkan Sungai Silandak 0,02-55,81 ton/hari. Hubungan antara laju sedimentasi dengan fraksi sedimen pasir menghasilkan persamaan garis y=19,185 – 0,214x dengan nilai r2 (determinasi) 0,213 yang dapat disimpulkan 21,3% % laju sedimentasi dipengaruhi oleh fraksi sedimen pasir (> 2mm) sedangkan 78,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil Penelitian dari hulu menuju hilir menunjukkan laju sedimentasi dan fraksi butir sedimen halus semakin meningkat sedangkan fraksi pasir menurun. Kata Kunci:Laju Sedimentasi, TSS, Fraksi Sedimen, Sungai Silandak, Sungai Banjir Kanal Barat

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:77637
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Oct 2019 14:30
Last Modified:21 Oct 2019 07:53

Repository Staff Only: item control page