TUGAS DAN FUNGSI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA JAKARTA TIMUR DALAM PENANGGULANGAN MASALAH PENGGUNAAN NARKOTIKA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR

PANGARIBUAN, JEAN CLARA AMELIA and HANANTO, UNTUNG DWI and Gading P, Sekar Anggun (2019) TUGAS DAN FUNGSI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA JAKARTA TIMUR DALAM PENANGGULANGAN MASALAH PENGGUNAAN NARKOTIKA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ancaman bahaya penyalahgunaan dan peredaraan gelap narkotika semakin meningkat dan sangat membahayakan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Pemerintah dalam menanggapi masalah ini membentuk lenbaga non kementrian yang bertugas dan berwenang dalam upanya penanggulangan penyalahgunaan narkotika di semua kalangan. Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2007 tentang Badan Narkotika Nasional, Badan Narkotika Propinsi, dan Badan Narkotika Kabupaten/Kota serta tugas dan wewenangnya ada dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksaanaan tugas BNNK Jakarta Timur dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaraan gelap narkotika?, serta apa saja hambatan-hambatan dan upaya bagi BNN Kota Jakarta Timur dalam pemberantasan penyalahgunaan dan peredaraan gelap narkotika. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskritif–analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menggambarkan bahwatugas dan fungsi BNNK Jakarta Timur dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaraan gelap narkotika dilakukan dengan tindakan preventif yaitu memberikan diseminasi informasi, pembentukan kader dan relawan, melakukan advokasi dan sosialisasi dan dengan upaya represif yaitu pemetaan jaringan, koordinasi dengan lembaga terkait, dilakukan penyelidikan dan penyidikan, penahanan dan rehabilitasi kepada para pelaku. Hambatan BNNK Jakarta Timur dalam pemberantasan penyalahgunaan dan peredaraan gelap narkotika yaitu faktor dari masyarakat, persediaan narkotika, jaringan narkotika, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, koordinasi dengan lembaga terkait, sarana dan prasarana, sumber daya manusia di BNNK Jakarta Timur, program rehabilitasi dan anggaran. Upaya BNNK Jakarta Timur dalam pemberantasan penyalahgunaan dan peredaraan gelap narkotikayaitupenyuluhan-penyuluhan di lingkungan masyarakat maupun pendidikan, pencegahan dini, memanfaatkan fasilitas yang ada untuk melaksanakan tugas semaksimal mungkin, BNNK jakarta Timur melakukan kerja sama dengan instansi seperti Kepolisian dan Walikota Jakarta Timur dan perlunya anggaran dana yang besar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:77586
Deposited By:Mr Ngalip Martono FH
Deposited On:07 Oct 2019 11:02
Last Modified:07 Oct 2019 11:02

Repository Staff Only: item control page