PENERAPAN PARKIR ELEKTRONIK (E-Parking) DI KOTA SURAKARTA SEBAGAI IMPLEMENTASISURAT EDARAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 910/1867/SJ TENTANG IMPLEMENTASI TRANSAKSI NON TUNAI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN / KOTA

RAHMAN, RONI NUR and Ispriyarso, Budi and Adiyanta, F.C. Susila (2019) PENERAPAN PARKIR ELEKTRONIK (E-Parking) DI KOTA SURAKARTA SEBAGAI IMPLEMENTASISURAT EDARAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 910/1867/SJ TENTANG IMPLEMENTASI TRANSAKSI NON TUNAI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN / KOTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kebijakan baru yang di keluarkan oleh Pemerintah Kota Surakarta mengenai sistem parkir elektronik (E-Parking). Kebijakan ini dimaksud untuk mengatasi adanya kebocoran pendapatan asli daerah (PAD), serta mengurangi adanya praktik pemungutan liar berupa penarikan tarif parkir yang tidak sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Surakarta. Pemerintah Kota Surakarta berupaya untuk mengatasi adanya kebocoran pendapat asli daerah (PAD) sekaligus untuk mengatasi adanya praktik parkir liar, dengan menerapkan sistem parkir elektronik di kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis empiris dan metode analisis data deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan atau implementasi parkir elektronik di kota Surakarta dilandasi dengan adanya himbauan dari Menteri Dalam Negeri yang mengeluarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1867/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Kendala-kendala yang menjadi penghambat dalam imlpementasi parkir elektronik di kota Surakarta yaitu 1) belum dibentuknya peraturan yang mengatur mengenai parkir elektronik di kota Surakarta, 2) Mesin parkir elektronik terkadang tidak berfungsi dengan baik, 3) kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta tentang adanya penerapan atau implementasi parkir elektronik di kota Surakarta, 4) Masih banyak masyarakat yang tidak mempunyai kartu uang elektronik yang digunakan sebagai alat untuk transaksi pembayaran tarif parkir. Upaya yang dapat dilakukan Pemerintah Kota Surakarta sebagai solusi dari hambatan-hambatan yang terjadi dalam penerpan atau implementasi parkir elektronik di kota Surakarta yaitu membentuk Peraturan Daerah Kota Surakarta atau Peraturan Walikota Surakarta untuk mengatur mengenai parkir elektronik di kota Surakarta, melakukan sosialisasi tentang parkir elektronik kepada masyarakat serta melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap penerapan atau implementasi parkir elektronik di kota Surakarta.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:77568
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Oct 2019 10:32
Last Modified:07 Oct 2019 10:32

Repository Staff Only: item control page