PENGELOLAAN LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT UMUMDAERAH dr. LOEKMONO HADI KABUPATEN KUDUSMENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAANLINGKUNGAN HIDUP

SUSANTO, YOGIE SETIAWAN and Hardjanto, Untung Sri and Pinilih, Sekar Anggun Gading (2019) PENGELOLAAN LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT UMUMDAERAH dr. LOEKMONO HADI KABUPATEN KUDUSMENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAANLINGKUNGAN HIDUP. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Kudus merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi. Dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 69 ayat (1) huruf d menegaskan bahwa setiap usaha dan/atau kegiatan dilarang membuang limbah ke media lingkungan hidup, limbah yang dibuang ke media lingkungan hidup tersebut harus memenuhi ijin dan syarat serta memenuhi baku mutu lingkungan hidup sebelum limbah dibuang ke media lingkungan hidup. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor P.68/Menlhk/Setjen/Kum.1/8/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik digunakan dalam mengatur batas kadar maksimum air limbah yang dihasilkan.Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja bentuk dan jenis limbah yang terdapat pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kabupaten Kudus?Bagaimanakah pengelolaan limbah cair di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kabupaten Kudus? dan Kendala yang dihadapi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi dalam pengelolaan limbah cair di lingkungan rumah sakit dan cara menanggulangi kendala tersebut? Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dan spesifikasi yang digunakan adalah deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data sekunder mencakup bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data berupa studi pustaka dan dilengkapi dengan wawanara sebagai data pelengkap. Metode analisis data yang digunakan ada metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk dan jenis limbah yang dihasilkan RSUD dr. Loekmono Hadi meliputi limbah padat, limbah cair dan limbah gas. Instalasi Pengolahan Air Limbah yang dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kudus telah melakukan pengelolaan limbah cair dengan menggunakan Unit Pengolahan Limbah yaitu menggunakan sistem biofilter aerob-anaerob, meskipun terdapat hasil olahan limbah cair yang tidak sesuai dalam proses pengolahan limbah cair. Dalam hasil uji baku mutu air limbah menyatakan bahwa hasil limbah cair RSUD dr. Loekmono Hadi sudah sesuai dengan parameter standar baku mutu yang selanjutnya siap untuk dibuang ke media lingkungan.Kendala yang dihadapi rumah sakit dalam pengelolaan limbah cair adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pemilahan sampah domestik, terjadinya trouble jika aliran listrik terputus yang mengakibatkan pengelolaan limbah cair tidak maksimal dalam menghasilkan kualitas air limbah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:77550
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Oct 2019 10:05
Last Modified:07 Oct 2019 10:05

Repository Staff Only: item control page