ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN PMO DALAM PEMBERIAN OBAT TB TERHADAP PENCEGAHAN KEJADIAN DROP OUT (STUDI PADA PMO TB ANAK)

DEWI, INTANNIA ISLAMI (2019) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN PMO DALAM PEMBERIAN OBAT TB TERHADAP PENCEGAHAN KEJADIAN DROP OUT (STUDI PADA PMO TB ANAK). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis.Kasus TB pada anak dapat menimbulkan berbagai masalah seperti terjadinya kecacatan, menurunnya daya ingat, stunting hingga menyebabkan kematian. PMO merupakan orang yang berperan dalam pengawasan minum obat pada penderita TB. Peran PMO berpengaruh besar terhadap pencegahan Drop Out.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan peran PMO dalam pemberian obat TB dalam pencegahan kejadian Drop Out. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini sejumlah 133 yang merupakan PMO TB anak. Analisis data dilakukan dengananalisis univariat dan bivariat. PMO dalam penelitian ini sebagian besar sudah berperan baik dalam pemberian obat TB (70,8%). Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa variabel persepsi keretanan (p=0.034) dan persepsi ancaman (p=0.035) memiliki hubungan dengan peran PMO dalam pemberian obat TB. Sedangkan variabel usia (p=0.234), jenis kelamin (p=0.305), pendidikan (p=0.610), pekerjaan (p=0.451), penghasilan (p=0.296), status PMO (p=0.121), usia anak (p=0.159), persepsi keseriusan (p=0.921), persepsi manfaat (p=0.668), persepsi hambatan (p=0.717), isyarat untuk bertindak (p=0.458) dan efikasi diri (p=0.382) tidak memiliki hubungan dengan peran PMO dalam pemberian obat TB. Berdasarkan hasil uji bivariat tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi kerentanan dan persepsi ancaman dengan peran PMO dalam pemberian obat TB.PMO diharapkan dapat memiliki persepsi kerentanan dan persepsi ancaman yang tinggi agar dapat melakukan tindakkan pencegahan dan perubahan perilaku sehingga anak yang diawasi minum obatnya dapat terhindar dari kejadian Drop Out Kata Kunci: Peran PMO,TB Anak, Kejadian Drop Out,Persepsi Kerentanan, Persepsi Ancaman

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77529
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Oct 2019 09:09
Last Modified:07 Oct 2019 09:09

Repository Staff Only: item control page