EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK) PADA INDIKATOR TB PARU DI KABUPATEN PATI (Studi Kasus pada Puskesmas Tayu II)

SARI, NAILY RAHMA (2019) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK) PADA INDIKATOR TB PARU DI KABUPATEN PATI (Studi Kasus pada Puskesmas Tayu II). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Latar Belakang :Puskesmas Tayu II merupakan salah satu puskesmas yang telah melaksanakan pendataan ulang PIS-PK di tahun 2018. Selama keberjalanan pelaksanaannya belum pernah dilakukan evaluasi terhadap hasil pendataan maupun kegiatan intervensi dalam memberikan layanan sesuai standar pada orang dengan terduga TB. Berdasarkan data, ada perbedaan target yang dicapai antara data PIS-PK dan SPM. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PIS-PK pada indikator TB Paru di Puskesmas Tayu II Kabupaten Pati Metode : Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui indepth interviewdan observasi dengan purposive sampling. Variabel yang diteliti adalah tenaga, dana, sarana prasarana, kebijakan dan SOP, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan lingkungan. Hasil :Pelaksanaan pendataan belum disertai formulir pendukung penjaringan serta formulir rujukan karena belum adanya prosedur kerja yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan pelayanan TB pada program PIS-PK. Terdapat SK terkait struktur tim pelaksana namun pemegang program P2TB belum dilibatkan. Dalam pelaksanaannya, belum ada dokumen perencanaan yang mencakup kegiatan pendataan sampai dengan intervensi lanjut yang terintegrasi dengan program P2TB sementara kegiatan yang sudah dijalankan selain pendataan yakni pemberian intervensi awal, menyarankan pasien untuk periksa ke puskesmas, dan pelaporan. Pelaporan yang dijalankan masih kurang optimal karena belum ada forum koordinasi khusus lintas program. Simpulan dan Saran :Puskesmas disarankan untukmenyusun dan menetapkan SOP agar dapat meningkatkan kualitas pendataan PIS-PK dalam penemuan kasus TB, membuat kebijakan yang memperjelas keterlibatan program P2TB, serta mengoptimalkan koordinasi jejaring internal untuk intervensi lanjut Kata Kunci: Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), TB Paru, Puskesmas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77485
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Oct 2019 16:00
Last Modified:04 Oct 2019 16:00

Repository Staff Only: item control page