ANALISIS KESIAPAN PUSKESMAS DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PUSKESMAS TANPA ANTRIAN KOTA SEMARANG (PUSTAKA) DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI PUSKESMAS GAYAMSARI, PUSKESMAS SRONDOL, PUSKESMAS GUNUNGPATI, DAN PUSKESMAS TOGOSARI KULON)

PRAMESWATI, NIDYA DIAH (2019) ANALISIS KESIAPAN PUSKESMAS DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PUSKESMAS TANPA ANTRIAN KOTA SEMARANG (PUSTAKA) DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI PUSKESMAS GAYAMSARI, PUSKESMAS SRONDOL, PUSKESMAS GUNUNGPATI, DAN PUSKESMAS TOGOSARI KULON). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Latar Belakang : Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan. Terdapat inovasi Program Puskesmas tanpa Antrian Kota Semarang (PUSTAKA). Program ini bertujuan untuk mengurai antrian di Puskesmas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan Puskesmas dalam Pelaksanaan Program PUSTAKA. Penelitian ini berlokasi di Puskesmas Gayamsari, Srondol, Gunungpati, dan Tlogosati Kulon. Metode : Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan indepth interview dengan purposive sampling. Variabel yang diteliti adalah tenaga, dana, sarana prasarana, kebijakan dan SOP, sosialisasi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian dan lingkungan. Hasil : Variabel SDM sudah mencukupi dan tersedia, dana berasal dari BLUD Puskesmas dan untuk operasional saja, serta sarana prasarana tidak ada kendala, kebijakan masih belum diimplementasikan secara optimal, untuk sosialisasi pada puskesmas pengguna rendah hanya menggunakan metode media sosial. Sedangkan terkait variabel perencanaan, pengorganisasian belum dilakukan dengan maksimal. Sedangkan variabel penilaian untuk puskesmas pengguna rendah dilakukan rutin. Terkait aspek lingkungan, telah ada dukungan dari masyarakat untuk menggunakan program ini, namun belum ada dukungan dari kader kesehatan maupun tokoh masyarakat. Kendala terdapat pada golongan lanjut usia yang terbatas kemampuannya dalam penggunaan teknologi. Simpulan dan Saran : Puskesmas harus membuat serta menaati SOP internal, membuat perencanaan yang sesuai, memaksimalkan sosialisasi secara langsung dan informasi yang disampaikan lebih rinci, serta berkolaborasi dengan kader kesehatan, dan membentuk tim khusus pelaksana Program PUSTAKA Kata Kunci: Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang (PUSTAKA), Puskesmas, Layanan Antrian Berbasis Elektronik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77480
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 Oct 2019 15:51
Last Modified:04 Oct 2019 15:51

Repository Staff Only: item control page