FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS PENOLAKAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (STUDI PADA 8 SEKOLAH DI KECAMATAN MAGELANG UTARA, MAGELANG)

ASDIKA, ZULFA FATMAWATI DWI (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS PENOLAKAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (STUDI PADA 8 SEKOLAH DI KECAMATAN MAGELANG UTARA, MAGELANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Latar belakang : Cakupan imunisasi campak nasional mengalami penurunan dari tahun 2012 sebesar 99,3% menjadi 89,8% di tahun 2017, sedangkan cakupan imunisasi di 2 puskesmas Kota Magelang masih di bawah 95%, yaitu Puskesmas Magelang Utara (83,56%) dan Puskesmas Magelang Selatan (89,14%). Cakupan imunisasi Measles Rubella di Kota Magelang satu tahun penuh di tahun 2017 memang meningkat, namun masih ada 2 Puskesmas yang memiliki hasil cakupan Measles Rubella di bawah 95% yaitu Puskemas Magelang Utara (94%) dan Puskemas Jurangombo (90%). Presentase cakupan imunisasi dibawah target mengindikasikan adanya penolakan terhadap imunisasi Measles Rubella. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan status penolakan Imunisasi Measles Rubella pada wali murid. Metode : Observasional analitik dengan rancangan potong lintang. Sampel penelitian berjumlah 120 dengan teknik pencuplikan random menggunakan simple random sampling. Sasaran penelitian adalah wali murid yang memiliki anak usia 6 sampai <15 tahun di Kota Magelang. Hasil : Variabel yang berhubungan dengan status penolakan Imunisasi Measles Rubella adalah jenis pekerjaan Ibu Rumah Tangga; riwayat campak; tingkat pengetahuan; sikap wali murid; persepsi kerentanan; persepsi keparahan; persepsi manfaat; persepsi hambatan; dukungan lingkungan; dukungan keluarga; dukungan sekolah. Variabel yang tidak berhubungan adalah usia wali murid; riwayat rubella; jumlah anak wali murid. Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan bahwa penolakan imunisasi Measles Rubella oleh wali murid SD, SMP, dan SLB di Kota Magelang sebesar 30,8%, sedangkan penerimaan imunisasi Measles Rubella sebesar 69,8%. Kata Kunci: Penolakan, Wali Murid, Imunisasi, Measles Rubella

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77443
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 Oct 2019 14:41
Last Modified:04 Oct 2019 14:41

Repository Staff Only: item control page