Epidemiologi Malaria di Kabupaten Purworejo (Studi pada 3 Desa Endemis Malaria Wilayah Kerja Puskesmas Kaligesing Tahun 2016-2018)

Wijayanti , Emi Puji Nur (2019) Epidemiologi Malaria di Kabupaten Purworejo (Studi pada 3 Desa Endemis Malaria Wilayah Kerja Puskesmas Kaligesing Tahun 2016-2018). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Malaria merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh protozoa dari genus Plasmodium. Penyakitmalaria masih menjadi masalah kesehatan di kalangan masyarakat Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Desa yang termasuk daerah endemis malaria di Kecamatan Kaligesing adalah Desa Jatirejo, Desa Kaliharjo serta Desa Somongari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan epidemilogi kejadian malaria berdasarkan karakteristik orang, tempat, waktu serta menganalisis secara spasial persebaran kasus malaria di daerah endemis Desa Jatirejo, Desa Kaliharjo, Desa Somongari pada tahun 2016-2018 Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan pendekatan cross sectional. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penderita malaria di Desa Jatirejo, Desa Kaliharjo serta Desa Somongari dari tahun 2016-2018 yaitu sebanyak 61 responden dengan menggunakan metode total sampling. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis data univariat serta analisis data spasial untuk melihat persebaran kasus malaria. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa penderita malaria rata-rata berumur 34 tahun. Responden yang paling banyak menderita malaria adalah berjenis kelamin laki-laki yaitu sebesar 60,7%; mempunyai pekerjaan sebagai petani kelapa (45%). Gejala sakit malaria yang paling sering dialami responden adalah demam, menggigil, sakit kepala, serta berkeringat pada malam hari. Sebagaian besar responden sudah menggunakan kelambu berinsektisida saat tidur (75,4%). Analisis spasial menunjukkan bahwa persebaran kasus malaria terbanyak di Desa Jatirejo, daerah ini terdiri dari daerah dataran tinggi dan banyak pepohonan serta keberdaan breeding place di sekitar rumah responden. Masyarakat diharapkan melakukan pencegahan dengan menggunakan pakaian panjang, obat anti nyamuk, menimbun genangan air, dan membersihkan tanaman di sekitar lingkungan rumah Kata Kunci: Epidemiolgi, Malaria, Daerah Endemis

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77434
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Oct 2019 14:29
Last Modified:04 Oct 2019 14:29

Repository Staff Only: item control page