PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA SAMPUL BUKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG ANEMIA REMAJA PUTRI (Studi pada siswi kelas VII di SMP Teuku Umar Semarang)

FAUZIAH, DINI INDAH (2019) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA SAMPUL BUKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG ANEMIA REMAJA PUTRI (Studi pada siswi kelas VII di SMP Teuku Umar Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Remaja putri merupakankelompok yang rawan terhadap masalah gizi salah satunya adalah defisiensi zat besi sehingga mengalami anemia.Faktor yang mempengaruhi adalah rendahnya pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja putri dalam masalah kesehatan anemia dapat melalui pendidikan gizi. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pendidikan gizi dengan edukasi media sampul buku terhadap pengetahuan dan sikap tentang anemia pada remaja putri di SMP Teuku Umar Semarang.Sampul buku berisi mengenai pengertian anemia, tanda-tanda anemia, pencegahan anemia dan juga ditunjang denga materi pendidikan gizi tentang anemia. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan desainPre-Post Test One Group Desainmelalui pengisian kuesioner mengenai pengetahuan dan sikap tentang anemia remaja,dengan jumlah sampel penelitian 36 responden dihitung menggunakan purposive sampling.Analisis data menggunakan uji WilcoxonSigned Rank Test karena data tidak normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh edukasi menggunakan sampul buku pada remaja putri di SMP Teuku Umar Semarang dengan nilai signifikansi sebesar p-value = 0,001, tehadap tingkat pengetahuan yaitu sebelum intervensi 16,7% mengalami peningkatan menjadi 94,6% dan peningkatan sikap dalam pemberian intervensi kategori baik sebesar 66,7% menjadi 91,7% ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar p-value = 0,001. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh pendidikan gizi dengan media sampul buku terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang Anemia Remaja Putri. Pihak sekolah dan siswi diharapkan dapat meingkatkan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan anemia remaja Kata Kunci: anemia, sampul buku, pengetahuan, sikap

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77414
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:04 Oct 2019 10:12
Last Modified:04 Oct 2019 10:12

Repository Staff Only: item control page