PENGARUH PENYULUHAN DAN MEDIA POSTER TENTANG ANEMIA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA SANTRIWATI (Studi di Pondok Pesantren Al-Bisyri Kota Semarang)

Sulistyowati, Aulia Meidina (2019) PENGARUH PENYULUHAN DAN MEDIA POSTER TENTANG ANEMIA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA SANTRIWATI (Studi di Pondok Pesantren Al-Bisyri Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Masalah kesehatan dalam kelompok remaja putri usia 12-19 tahun yang sering dijumpai adalah anemia. Dampak anemia dapat menyebabkan komplikasi stres dan kelelahan yang berkelanjutan. Faktor yang mempengaruhi adalah rendahnya pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja putri dalam masalah kesehatan anemia dapat melalui pendidikan gizi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan poster terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja santriwati. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental DesignOne Group dengan jumlah sampel penelitian 36 orang dengan teknik purposive sampling. Kelompok penelitian diberi pre test kemudian diberikan pendidikan gizi dengan media Poster, kemudian post test untuk diberikan setelah pemberian pendidikan gizi dengan rentan waktu 2 minggu setelah diberikan pre test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan kategori baik sebesar 27,8% menjadi 100% dan peningkatan sikap dalam pemberian intervensi kategori baik sebesar 50% menjadi 61,1%. Berdasarkan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Paired t-test terdapat perbedaan tingkat pengetahuan p=0,001 (p< 0,05) dan terdapat perbedaan sikap p=0,001 (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendidikan gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang Anemia Remaja Putri. Saran penelitian ini adalah pihak pondok pesantren dan pemerintah harus meningkatkan pengetahuan tentang gizi anemia remaja putri sehingga dapat memberikan sikap maupun praktik yang baik untuk dicegah oleh remaja putri yang mengalami anemia Kata Kunci: Penyuluhan, Poster, Pengetahuan Anemia, Sikap Anemia, Remaja Putri

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77411
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Oct 2019 09:56
Last Modified:04 Oct 2019 09:56

Repository Staff Only: item control page