PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA TERKAIT PENCEGAHAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (Studi pada Remaja Putri SMA Kelas XI di SMA Negeri 14 dan SMA Negeri 15 Kota Semarang)

YULIANASARI, PRASTIKA (2019) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA TERKAIT PENCEGAHAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (Studi pada Remaja Putri SMA Kelas XI di SMA Negeri 14 dan SMA Negeri 15 Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
48Kb

Abstract

Kekurangan energi kronis (KEK) masih banyak terjadi pada remaja putri di Indonesia. Pendidikan gizi dengan booklet diperlukan dalam upaya pencegahan KEK pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh pendidikan gizi menggunakan media booklet terhadap perubahan perilaku remaja terkait pencegahan KEK. Jenis penelitian Quasy Experimental dengan desain pre-post test control group. Jumlah sampel pada masing-masing kelompok adalah 37 siswi. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan kebijakan dari masing-masing sekolah. Pendidikan gizi dengan media booklet diberikan kepada kelompok intervensi selama satu bulan diawali dengan sosialisasi pada awal pemberian booklet. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test, Mann Whitney, Independen T-Test, dan Chi Square. Pada kondisi awal menunjukkan bahwa tidak didapatkan adanya perbedaan pengetahuan, sikap, tingkat kecukupan energi, dan tingkat kecukupan protein pada kedua kelompok dengan nilai p>0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan dengan p=0,001 dan peningkatan skor sebesar 2,5±2,87, perbedaan pada tingkat kecukupan energi dengan p=0,001 dan peningkatan sebesar 15,4±19,69%, serta tingkat kecukupan protein dengan p=0,007 dan peningkatan sebesar 16,2±25,54% pada kelompok intervensi. Akan tetapi, tidak terdapat perbedaan pada sikap dengan p=0,104 walaupun terjadi peningkatan skor sebesar 0,3±0,93. Dapat disimpulkan bahwa pemberian pendidikan gizi menggunakan media booklet cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik remaja dalam upaya pencegahan KEK pada remaja. Akan tetapi kurang berpengaruh terhadap perubahan sikap remaja. Saran penelitian ini adalah supaya remaja khususnya remaja putri dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas asupan zat gizi terutama sumber energi dan protein Kata Kunci: Remaja Putri, Pendidikan Gizi, Booklet, Perubahan Perilaku, Kekurangan Energi Kronis

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77401
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Oct 2019 09:17
Last Modified:04 Oct 2019 09:17

Repository Staff Only: item control page