PENGARUH EDUKASI BUKU SAKU TERHADAP PERILAKU ASUPAN ZAT BESI IBU HAMIL TERKAIT PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI (Studi pada Ibu Hamil Trimester II Akhir di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Kota Semarang)

MUNAWAROH, AQILATUL (2019) PENGARUH EDUKASI BUKU SAKU TERHADAP PERILAKU ASUPAN ZAT BESI IBU HAMIL TERKAIT PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI (Studi pada Ibu Hamil Trimester II Akhir di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Anemia defisiensi besi merupakan salah satu permasalahan gizi yang paling berisiko dialami ibu hamil. Anemia pada kehamilan berdampak terhadap meningkatnya risiko kematian ibu, prematuritas, berat badan lahir rendah dan kematian bayi, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan perilaku pencegahan anemia pada ibu hamil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan buku saku terhadap perilaku asupan zat besi ibu hamil. Domain perilaku yang diteliti terdiri dari pengetahuan, sikap, tingkat kecukupan zat besi dan tingkat kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada ibu hamil. Metode dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental dengan desain one-group pre-post test. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari kuesioner dan formulir recall konsumsi gizi 24 jam. Pengambilan sampel sebanyak 45 ibu hamil menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi. Data diuji normalitas menggunakan Shapiro Wilk. Analisis data menggunakan uji Paired T-test dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil uji beda menunjukkan adanya perbedaan kondisi antara sebelum dan sesudah edukasi pada variabel pengetahuan (p<0,05), sikap (p<0,05), tingkat kecukupan zat besi (p<0,05) dan tingkat kepatuhan konsumsi tablet tambah darah (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor pengetahuan 3,7; skor sikap meningkat 3,4; tingkat kecukupan zat besi meningkat 12,9% dan peningkatan tingkat kepatuhan konsumsi tablet tambah darah sebesar 12,4%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh edukasi dengan media buku saku terhadap pengetahuan, sikap, tingkat kecukupan zat besi dan tingkat kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada ibu hamil. Saran dari penelitian ini yaitu ibu hamil harus lebih memperhatikan kebutuhan asupan zat besi selama hamil agar terhindar dari risiko anemia defisiensi besi Kata Kunci: buku saku, perilaku gizi, zat besi, ibu hamil, pencegahan anemia

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77400
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Oct 2019 09:14
Last Modified:04 Oct 2019 09:14

Repository Staff Only: item control page