IDENTIFIKASI KLOROFIL-A, SUHU PERMUKAAN LAUT DAN ANGIN YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL TANGKAPAN IKAN LEMURU DI PERAIRAN JUWANA KABUPATEN PATI

NIRWAN , NIAGARA (2019) IDENTIFIKASI KLOROFIL-A, SUHU PERMUKAAN LAUT DAN ANGIN YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL TANGKAPAN IKAN LEMURU DI PERAIRAN JUWANA KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
496Kb

Abstract

Ikan lemuru (Sardinella longiceps) adalah salah satu jenis ikan pelagis yang menjadi komoditi penting di Indonesia. Kabupaten Pati merupakan salah satu daerah dengan hasil tangkapan ikan lemuru terbanyak di Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan ikan lemuru di suatu perairan di pengaruhi oleh berbagai faktor oseanografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor oseanografi yang dominan berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan lemuru di perairan Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, hasil yang ditampilkan dalam bentuk gambar, tabel, grafik, atau tampilan lainnya serta bersifat sistematis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diambil langsung di lapangan, sedangkan data sekunder berasal dari data citra satelit. Parameter oseanografi yang dikaji meliputi suhu permukaan laut, klorofil-a, angin, arus permukaan, dan data tangkapan ikan lemuru. Data tersebut digambarkan secara spasial dan temporal (SPL, klorofil-a, arus permukaan, angin) secara klimatologi bulanan dan grafik data tangkapan ikan lemuru selama 7 tahun (2009-2015). Hasil analisa memperlihatkan bahwa faktor arus dominan berpengaruh terhadap nilai CPUE ikan lemuru di Kabupaten Pati. Hasil analisis klimatologi menunjukkan adanya hubungan yang kuat, dengan nilai korelasi sebesar 0.702 Kata Kunci: Ikan Lemuru (Sardinella longiceps), Ikan Pelagis, Suhu Permukaan Laut, Klorofil-a, Angin, Arus.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77398
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 07:57
Last Modified:21 Oct 2019 07:57

Repository Staff Only: item control page