HUBUNGAN BEBAN KERJA FISIK, IKLIM KERJA, DAN POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA PEKERJA BAGGAGE HANDLING SERVICE BANDARA (Studi Kasus di Kokapura, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang)

KHOFIYYA, AYU NIDAAN (2019) HUBUNGAN BEBAN KERJA FISIK, IKLIM KERJA, DAN POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA PEKERJA BAGGAGE HANDLING SERVICE BANDARA (Studi Kasus di Kokapura, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Musculoskeletal Disorders merupakan akumulasi cedera serta nyeri yang terjadi pada sistem musculoskeletal yang ditandai oleh luka pada otot, tendon, kartilago, ligament, rangka, sistem vascular, dan saraf. Faktor penyebab terjadinya MSDs diantaranya faktor pekerjaan meliputi postur kerja, beban kerja, durasi kerja, frekuensi, repetitive motion, sedangkan faktor lingkungan meliputi iklim kerja, getaran, dan pencahayaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara beban kerja fisik, iklim kerja, dan postur kerja terhadap keluhan musculoskeletal pada pekerja baggage handling service di Bandara. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik obervasional dengan menggunakan studi cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 54 orang pekerja baggage handling service di Kokapura Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan sampel 36 orang. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner Nordic Body Map untuk mengetahui keluhan musculoskeletal. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara postur kerja (p-value = 0,001) dan iklim kerja (p-value = 0,019) dengan keluhan musculoskeletal. Upaya untuk mengurangi dan mencegah keluhan musculoskeletal pada pekerja baggage handling service sebaiknya pengelola memberikan sosialisasi terkait ergonomi kerja, mengagendakan kegiatan pemanasan sebelum kerja dan saat istirahat kerja Kata Kunci: Beban Kerja Fisik, Iklim Kerja, Postur Kerja, Keluhan Musculoskeletal, Baggage Handling Service

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77375
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Oct 2019 15:42
Last Modified:03 Oct 2019 15:42

Repository Staff Only: item control page