ANALISA KINERJA ALAT PLATE AND FRAME FILTER PRESS PADA PROSES FILTRASI LUMPUR WADUK UNDIP BERDASARKAN PERBEDAAN MASSA KOAGULAN (Analysis Performance Plate and Frame Filter Press of UNDIP Mud Reservoir Filtration on the Difference of Coagulant Mass)

LUTHFITRI, HASNA (2019) ANALISA KINERJA ALAT PLATE AND FRAME FILTER PRESS PADA PROSES FILTRASI LUMPUR WADUK UNDIP BERDASARKAN PERBEDAAN MASSA KOAGULAN (Analysis Performance Plate and Frame Filter Press of UNDIP Mud Reservoir Filtration on the Difference of Coagulant Mass). Undergraduate thesis, undip vokasi.

[img]
Preview
PDF (COVER DLL)
363Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I)
294Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
474Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III)
277Kb
[img]PDF (BAB IV)
Restricted to Repository staff only

399Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

604Kb
[img]PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only

604Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII)
109Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
371Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN)
829Kb

Abstract

Lumpur didefinisikan sebagai zat sisa (residu), berupa material semi-solid yang berasal dari proses pengolahan limbah. Lumpur yang dihasilkan dari sistem pengolahan air limbah dibedakan berdasarkan atas lumpur kimia fisika dan lumpur biologi. Umumnya lumpur masih memiliki kadar air tinggi, oleh karenananya perlu perlakuan lumpur yang merupakan bagian dari penanganan limbah. Kedua jenis lumpur tersebut harus dikeluarkan dan dibuang ke IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), tetapi hal ini akan menimbulkan masalah bila langsung dibuang begitu saja. Lumpur yang dihasilkan IPAL dapat dikelola melalui beberapa tahap hingga hasilnya baru bisa dibuang ke IPAL. Proses dewatering banyak digunakan untuk memisahkan air dengan padatan lumpur, untuk itu pada penelitian ini akan menggunakan proses dewatering sebelum dilakukannya proses filtrasi. Proses dewatering dilakukan dengan menambahkan koagulan berupa tawas dengan variabel 40, 60, dan 80 gram pada limbah lumpur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari kinerja alat filtrasi plate and frame dengan menggunakan bahan limbah lumpur berdasarkan perbedaan masa koagulan tawas. Sehingga akan didapatkan massa koagulan tawas dan lama waktu filtrasi yang efektif untuk menghasilkan volume filtrat dan berat cake. Metode penelitian ini sebagai berikut mula-mula limbah lumpur dibersihkan dari partikel partikel yang terbawa kemudian diencerkan menggunakan air setelah itu larutan limbah lumpur dicampur dengan koagulan tawas sesuai variabel lalu dilakukan filtrasi dengan menggunakan alat filtrasi plate and frame, tiap selang waktu tertentu sampel diambil untuk dianalisis volume filtrat, berat cake basah dan keringnya. Kata kunci: filtrasi, limbah lumpur, dewatering

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:77370
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Oct 2019 15:20
Last Modified:03 Oct 2019 15:25

Repository Staff Only: item control page