ANALISIS PENERAPAN PROGRAM STOP WORK AUTHORITY (SWA) PADA PEKERJAAN ARSITEKTUR DAN MEP (MECHANICAL, ELECTRICAL, DAN PLUMBING) (Studi Proyek Apartemen X PT. Y Kota Depok)

BAHTIAR, RIZAL (2019) ANALISIS PENERAPAN PROGRAM STOP WORK AUTHORITY (SWA) PADA PEKERJAAN ARSITEKTUR DAN MEP (MECHANICAL, ELECTRICAL, DAN PLUMBING) (Studi Proyek Apartemen X PT. Y Kota Depok). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

PT. Y merupakan perusahaan jasa konstruksi yang memiliki kebijakan Stop Work Authority (SWA) sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap kecelakaan kerja. Berdasarkan data temuan survey pendahuluan ditemukan empat kejadian tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman yang tidak diberikan intervensi stop work. Hal ini menunjukan adanya permasalahan dalam pelaksanaan kebijakan Stop Work Authority (SWA). Oleh karenanya diperlukan pencarian akar permasalahan agar selanjutnya dapat ditemukan alternatif pemecahan masalah terkait dengan penerapan kebijakan Stop Work Authority (SWA). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mencari informasi mendalam mengenai penerapan program Stop Work Authority (SWA) pada pekerjaan Arsitektur dan MEP (Mechanical, Electrical, dan Plumbing) di Proyek Apartemen X PT. Y Kota Depok dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh dua informan utama dan tujuh informan triangulasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara mendalam dan lembar observasi. Dari hasil wawancara diketahui bahwa personil proyek belum secara keseluruhan mengetahui poin dari kebijakan Stop Work Authority (SWA), masih terdapat personil proyek yang memilki keahlian rendah dalam melakukan intervensi stop work, personil proyek memiliki motivasi yang baik karena faktor dorongan dari PT. Y dan latar belakang yang sama, pengawasan dinilai belum optimal karena hanya terfokus pada pelanggaran tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman, dan penggunaan form SWA hanya dilakukan HSE staf. PT. Y masih perlu mengoptimalkan komunikasi dan pengawasan kebijakan Stop Work Authority (SWA) serta memastikan semua personil memiliki pengetahuan dan keahlian tentang pemberian intervensi stop work Kata Kunci: Kebijakan Stop Work Authority (SWA), unsafe action, unsafe condition

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77349
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Oct 2019 14:13
Last Modified:03 Oct 2019 14:13

Repository Staff Only: item control page