ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN KERJA PADA PETUGAS PENILIK JALUR KERETA API (STUDI KUALITATIF WILAYAH KERJA RESORT SMC 4.10 SEMARANG)

SASI, PUSPITA ARUM (2019) ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN KERJA PADA PETUGAS PENILIK JALUR KERETA API (STUDI KUALITATIF WILAYAH KERJA RESORT SMC 4.10 SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

KeleIahan merupakan penyebab menurunnya performa kerja dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan, mengurangi produktivitas, meningkatnya kesaIahan hingga keceIakaan. Petugas Penilik Jalur (PPJ) bertugas melakukan pengecekan rel kereta api yang berisiko tinggi menimbulkan kelelahan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis faktor risiko yang mempengaruhi kelelahan kerja pada petugas penilik jalur kereta api wilayah kerja Resort SMC 4.10 Semarang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang melibatkan lima orang petugas penilik jalur sebagai informan utama dan empat orang informan triangulasi yang terdiri dari asisten manajer unit jembatan &jalan, kepala resort, petugas kesehatan dan petugas pengatur perjalanan kereta api. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara mendalam dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan seluruh petugas penilik jalur yang diwawancarai mengaku mengalami kelelahan dengan gejala yang dirasakan diantaranya jalan menjadi lama, bahu dan kaki berat, telapak kaki sakit, nyeri punggung dan leher, sering menguap dan tidak fokus. Kesimpulan yang didapatkan bahwa implementasi jadwal kerja pada dini hari, kurang istirahat, tingkat kebugaran yang rendah, jarak rel yang tidak sesuai standar, konsumsi rokok dan gangguan kesehatan dapat mempengaruhi kelelahan pada petugas penilik jalur. Perusahaan perlu melakukan manajemen risiko kelelahan, memberi tempat istirahat yang nyaman, mengadakan penilaian kebugaran, memperpendek jarak pemeriksaan serta mengadakan pendidikan kesehatan sedangkan untuk petugas dapat menggunakan waktu istirahat dengan baik, memastikan kondisi tubuh bugar sebelum bekerja, peregangan otot, mengurangi konsumsi rokok serta melaporkan keadaan tidak aman dan kejadian kecelakaan yang dialami Kata Kunci: Kelelahan kerja, Petugas Penilik Jalur Kereta Api, Kecelakaan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77347
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Oct 2019 14:09
Last Modified:03 Oct 2019 14:09

Repository Staff Only: item control page