FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA PENANGANAN PRASARANA DAN SARANA UMUM JAKARTA BARAT (Studi Kasus di Kelurahan Pinangsia dan Kelurahan Krukut Jakarta Barat)

HANDAYANI, VINI NUR PURI (2019) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA PENANGANAN PRASARANA DAN SARANA UMUM JAKARTA BARAT (Studi Kasus di Kelurahan Pinangsia dan Kelurahan Krukut Jakarta Barat). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Penanganan Prasarana dan Sarana Umum atau yang disingkat PPSU adalah pekerjaan yang perlu segera dilakukan dan tidak dapat ditunda. Pekerjaan PPSU meliputi penanggulangan permasalahan sampah dan perbaikan fasilitas publik. Banyaknya tuntutan tugas pekerja PPSU dan keadaan lingkungan yang kompleks dapat menyebabkan stres kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor yang berhubungan dengan stres kerja. Jenis penelitian menggunakan explanatory research dengan metode kuantitatif dan desain studi cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pekerja PPSU Kelurahan Pinangsia 98 orang dan Kelurahan Krukut 48 orang. Sampel penelitian dari rumus Lemeshow didapatkan sebanyak 49 pekerja PPSU Kelurahan Pinangsia dan 33 pekerja Kelurahan Krukut. Instrumen penelitian ini adalah angket pedoman HARS dan angket penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat 67,1% pekerja mengalami stres kerja ringan. Analisis statistik menggunakan uji Chi Square dan uji Rank Spearman untuk melihat korelasi antara faktor – faktor stres kerja dengan kejadian stres kerja pada pekerja PPSU. Hasil uji menunjukkan ada hubungan antara variabel hubungan dalam pekerjaan (p = 0,021) dan tuntutan sosial (p = 0,013) dengan stres kerja. Untuk meminimalisir stres kerja, dapat dilakukan kegiatan refreshing secara rutin seperti outbond maupun rekreasi bersama serta diadakan makan bersama Kata Kunci: Stres Kerja, Pekerja PPSU

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77331
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Oct 2019 13:47
Last Modified:03 Oct 2019 13:47

Repository Staff Only: item control page