HUBUNGAN PERSEPSI PEKERJA, KETERSEDIAAN DAN TATA LETAK SAFETY SIGN DENGAN KEPATUHAN PEKERJA (STUDI KASUS PADA PEKERJA DI GUDANG FINISHED GOODS PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK SEMARANG DIVISI NOODLE)

NUGROHO, ADHIATMA SETIAWAN (2019) HUBUNGAN PERSEPSI PEKERJA, KETERSEDIAAN DAN TATA LETAK SAFETY SIGN DENGAN KEPATUHAN PEKERJA (STUDI KASUS PADA PEKERJA DI GUDANG FINISHED GOODS PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK SEMARANG DIVISI NOODLE). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Safety sign merupakan suatu pengendalian resiko bahaya berupa administratif. Safety sign berisikan informasi keselamatan yang harus dipahami oleh setiap orang yang masuk pada lingkungan kerja tersebut. Kegiatan bekerja angkut barang jadi di Gudang Finished Goods sangat berpotensi terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor persepsi pekerja, ketersediaan, dan tata letak Safety sign berhubungan dengan pekerja di Gudang Finished Goods. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kepatuhan pekerja. Sedangkan variabel bebas adalah persepsi pekerja, ketersediaan dan tata letak safety sign . Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan studi cross sectional. Instrumen penelitian ini adalah angket, dan lembar observasi. Sampel dalam penelitian yaitu 40 orang pekerja dengan metode total sampling. Berdasarkan hasil uji statistik Chi-Square, menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi pekerja (p-value= 0,018; α = 0,05), dan tata letak safety sign (p-value= 0,006; α =0,05) dengan kepatuhan pekerja. Tidak ada hubungan antara ketersediaan (α = 0,05) dengan safety sign . PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Semarang Divisi Noodle disarankan memperhatikan penggunaan bahasa pada safety sign dan bahan safety sign yang berpendar serta melakukan safety talk untuk mengingatkan pekerja tetap memperhatikan safety sign selama bekerja. Saran untuk pekerja adalah tetap mematuhi dan memahami keberadaan safety sign agar tetap bekerja dengan aman Kata Kunci: Safety Sign , Kepatuhan Pekerja, Gudang Finished Goods

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77311
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Oct 2019 11:46
Last Modified:03 Oct 2019 11:46

Repository Staff Only: item control page