HUBUNGAN RITME CIRCADIANC DAN KEBISINGAN TERHADAP KELUHAN FATIGUE PADA PEKERJA PT. APAC INTI CORPORA (STUDI KASUS DILAKSANAKAN PADA UNIT SPINNING 1 BAGIAN RING FRAME SUB BAGIAN DOVING)

SARI, VONTY SULISTYO INDAH (2019) HUBUNGAN RITME CIRCADIANC DAN KEBISINGAN TERHADAP KELUHAN FATIGUE PADA PEKERJA PT. APAC INTI CORPORA (STUDI KASUS DILAKSANAKAN PADA UNIT SPINNING 1 BAGIAN RING FRAME SUB BAGIAN DOVING). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Kelelahan kerja merupakan respons tubuh tiap individu terhadap stress psikososial yang dialami dalam satu waktu tertentu. Kelelahan dapat disebabkan karena faktor circadian rhythm, lingkungan, intensitas dan lama kerja fisik dan mental, problem fisik, kenyerian dan kondisi kesehatan, dan nutrisi. Pekerja pada unit spinning 1 bagian ring frame sub bagian doving memiliki risiko mengalami kelelahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara ritme circadian dan kebisingan dengan fatigue (kelelahan) kerja pada pekerja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan studi cross-sectional. Sampel adalah seluruh populasi berjumlah 45 pekerja pada unit spinning 1 bagian ring frame sub bagian doving. Instrumen dalam penelitian adalah lembar kuesioner serta lembar observasi untuk pengukuran kebisingan dengan alat sound level meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja yang mengalami fatigue (kelelahan) tingkat sedang sebanyak 64.4%. Responden dengan gangguan ritme circadian sebanyak 91.1% dan hasil pengukuran kebisingan tertinggi ialah 94 Db. Hasil analisis chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara ritme circadian (p = 0.009 ) dan kebisingan (p = 0.025) dengan fatigue. Tidak terdapat hubungan antara usia (p = 0.544) dan riwayat penyakit (p = 0.577) dan masa kerja (0.399%). Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan disarankan untuk melakukan pengendalian kebisingan baik pada sumber kebisingan, secara administratif maupun secara langsung pada pekerja melalui penggunaan alat pelindung diri (APD) Kata Kunci: Kelelahan, ritme circadian, kebisingan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77299
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:03 Oct 2019 10:58
Last Modified:03 Oct 2019 10:58

Repository Staff Only: item control page