ANALISIS KANDUNGAN SENYAWA BETA KAROTEN MIKROALGA Spirulina platensis (Gomont) Geitler PADA KONDISI PERBEDAAN LAMA WAKTU PENCAHAYAAN

TRIANA , HANANI (2019) ANALISIS KANDUNGAN SENYAWA BETA KAROTEN MIKROALGA Spirulina platensis (Gomont) Geitler PADA KONDISI PERBEDAAN LAMA WAKTU PENCAHAYAAN. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
413Kb

Abstract

Spirulina platensis merupakan salah satu mikrolaga yang mengandung pigmen beta karoten. Beta karoten memiliki berbagai manfaat, salah satunya sebagai antioksidan dan antikanker. Pertumbuhan mikroalga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor lingkungan, salah satunya adalah cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lama waktu pencahayaan yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan produksi pigmen beta karoten pada Spirulina platensis. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Oktober 2018 di Laboratorium Terpadu Universitas Diponegoro, Laboratorium Biologi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, dan di Laboratorium Balai Pengujian dan Peralatan (BP2) Semarang untuk analisis pigmen beta karoten. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental laboratoris. Mikroalga Spirulina platensis dikultivasi dengan dua perlakuan lama waktu pencahayaan yang berbeda, yaitu: A:24 jam Terang, 0 jam Gelap (24T, 0G); dan B: 12 jam Terang, 12 jam Gelap (12T, 12G). Pertumbuhan sel Spirulina platensis diamati selama 11x24 jam. Biomassa kering hasil kultivasi diekstraksi dengan menggunakan n-heksana. Ekstrak n-heksana Spirulina platensis kemudian dianalisis kandungan pigmen beta karotennya menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 450 nm. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan perbedaan lama waktu pencahayaan tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan sel dan kandungan pigmen beta karoten pada Spirulina platensis. Pertumbuhan sel Spirulina platensis optimum pada perlakuan A (24T, 0G) sebesar 177,62 x 10 3 sel/mL, sedangkan untuk kandungan pigmen beta karoten Spirulina platensis diproduksi optimum pada perlakuan A (24T, 0G) sebesar 0,00183 µg/g. Kata kunci: Spirulina plantesis, Lama Waktu Pencahayaan, Pertumbuhan, Beta Karoten.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77276
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2019 08:08
Last Modified:21 Oct 2019 08:08

Repository Staff Only: item control page