KELIMPAHAN MIKROALGA YANG HIDUP PADA PERMUKAAN DAUN LAMUN (Cymodocea serrulata) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI PRAWEAN, JEPARA

PUTU GENIK , ARTHA PRATAMI (2019) KELIMPAHAN MIKROALGA YANG HIDUP PADA PERMUKAAN DAUN LAMUN (Cymodocea serrulata) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI PRAWEAN, JEPARA. Undergraduate thesis, Faculty of Fisheries and Marine Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
5Mb

Abstract

Padang lamun merupakan bagian dari salah satu ekosistem penting pesisir memiliki fungsi sebagai daerah mencari makan (feeding ground), daerah pengasuhan (nursery ground), tempat pemijahan (spawning ground), sebagai penahan sedimen (sedimen trap) dan habitat dari berbagai biota salah satunya mikroalga. Organisme tersebut sering ditemukan melekat pada tumbuhan dan dianggap sebagai indikator dari kesuburan dan pencemaran perairan. keberadaan mikroalga disuatu perairan memiliki peranan penting yaitu sebagai sumber makanan bagi organisme laut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelimpahan mikroalga yang hidup pada permukaan daun lamun Cymodocea serrulata pada kawasan perairan Pantai Prawean, Jepara, Jawa Tengah. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2018 di Pantai Prawean, Jepara dengan masing – masing terdapat 3 stasiun yang dibagi menjadi 3 sub stasiun dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan total mikroalga sebanyak 25 genus dimana 24 genus berasal dari kelas Bacillariophyceae dan 1 genus dari kelas Dinophyceae. Kelimpahan mikroalga tertinggi ditemukan pada stasiun II yaitu sebesar 30.081 sel/cm 2 dan pada stasiun III sebesar 18.835 sel/cm 2 sedangkan hasil kelimpahan terendah yaitu pada stasiun I dengan nilai kelimpahan sebesar 13.046 sel/cm 2 . Nilai indeks keanekaragaman termasuk dalam kategori sedang, keseragaman termasuk dalam kategori tinggi dan dominansi dalam kategori rendah yang menunjukkan bahwa tidak ada spesies mikroalga dari masing – masing kelas yang mendominasi di perairan tersebut. Pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu dan berkelanjutan harus segera dilaksanakan guna menjaga ekosistem padang lamun di perairan Pantai Prawean, Jepara yang secara tidak langsung akan mempengaruhi keberadaan mikroalga sehingga dapat tetap terjaga dan terpelihara dengan baik mengingat pentingnya keberadaan mikroalga pada suatu perairan. Kata Kunci : Padang Lamun, Mikroalga, Kelimpahan, Pantai Prawean, Jepara, Jawa Tengah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:77264
Deposited By:Pancasila Wati FPIK
Deposited On:21 Oct 2019 08:10
Last Modified:21 Oct 2019 08:10

Repository Staff Only: item control page