Hubungan Pengetahuan, Ketersediaan APD, Pelatihan, Pengawasan dan Stres Kerja dengan Kepatuhan Pekerja pada SOP Bekerja di Ketinggian (Studi di Proyek Konstruksi Apartemen PT.X Kota Semarang)

William, Andrew (2019) Hubungan Pengetahuan, Ketersediaan APD, Pelatihan, Pengawasan dan Stres Kerja dengan Kepatuhan Pekerja pada SOP Bekerja di Ketinggian (Studi di Proyek Konstruksi Apartemen PT.X Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Kepatuhan merupakan tindakan yang sejalan dengan perintah dan aturan yang ada yang merupakan perilaku dengan tahapan percaya, menerima dan melakukan. Berdasarkan teori perilaku yang dikemukakan oleh Lawrence Green, kepatuhan dipengaruhi oleh faktor predisposisi, faktor pemungkin , dan faktor penguat.Kasus pelanggaran SOP bekerja di ketinggian, unsafe act dan unsafe condition yang dapat memicu kelelahan mental pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan, ketersediaan APD, pelatihan, pengawasan dan stres kerja dengan kepatuhan pekerja terhadap SOP bekerja di ketinggian di suatu proyek konstruksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan studi cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 44 pekerja area ketinggian proyek konstruksi. Sampel pada penelitian ini yaitu 44 pekerja area ketinggian menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Depression Anxiety Stress Scale 21(DASS 21) untuk menilai stres kerja dan kuesioner lainnya untuk menilai tingkat pengetahuan, ketersediaan APD, pelatihan dan pengawasan . Analisis data menggunakan uji Fisher Exact. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara stres kerja (p = 0,001) dan pelatihan (p = 0,049) dengan kepatuhan pekerja pada SOP bekerja di ketinggian.Tidak ada hubungan antara pengetahuan (p = 0,738) , ketersediaan APD (p = 0,488) dan pengawasan (p = 0,231) dengan kepatuhan pekerja pada SOP bekerja di ketinggian.Peneliti menyarankan untuk menurunkan tingkat stres dengan cara menyediakan fasilitas permainan olahraga ringan saat istirahat kerja, serta menyediakan sign pengingat untuk pekerja agar patuh terhadap SOP Kata Kunci: Stres Kerja, Kepatuhan, SOP, Konstruksi, Area Ketinggian

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:77259
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Oct 2019 09:14
Last Modified:03 Oct 2019 09:14

Repository Staff Only: item control page